get app
inews
Aa Read Next : Kapolda Jateng Imbau Mahasiswa Tak Anarkis saat Mengemukakan Pendapat di Muka Umum

Polri akan Mediasi Pertemuan Keluarga Keraton Solo yang Berseteru

Minggu, 25 Desember 2022 | 16:57 WIB
header img
Suasana Kerato Solo setelah terjadi bentrok pada Jumat (23/12/2022) malam. Foto : R August

SOLO, iNewsSemarang.idPolri siap menjembatani mediasi antarakedua kubu keluarga di Keraton Solo yang berseteru. Polresta Solo siap memfasilitasi pertemuan kedua pihak, agar ke depan tidak terjadi lagi keributan hingga  menyebabkan korban luka.

Kapolresta Solo Kombes Pol Iwan Saktiadi mengatakan,pihaknya akan mengundang pihak Sinuwun Paku Buwono XIII dan Lembaga Dewan Adat (LDA). Tujuannya agar friksi yang selama selama ini terjadi di dalam pihak keraton bisa terselesaikan.

"Kami undang seluruh pihak keraton, dari mulai Sinuwun dan adik-adiknya. Kami sudah beberapa kali berbicara dengan internal keraton. Pihak yang mungkin ada friksi kami coba mediasi agar ketemu solusi yang baik," katanya. di Benteng Vasternberg, Minggu (25/12/2022)

Menurut Kapolresta, pertemuan kedua belah pihak ini menjadi solusi terbaik mengingat seluruh orang yang terlibat dalam konflik Sinuwun dan LDA adalah keluarga besar Keraton Kasunanan Surakarta.

“Intinya itu kan keluarga semua saya sudah bertemu Mas Wali dan Gusti Purbo juga menyampaikan agar rekonsiliasi. Permasalahan ini diselesaikan dengan cara baik-baik saja," katanya.

Selain itu, Iwan juga menegaskan bahwa pihaknya tidak akan melakukan upaya lain di dalam keraton selain agar keduanya mau menyelesaikan permasalahan dengan cara kekeluargaan.

"Kami menyadari itu, lingkungan keraton semua adalah keluarga," ujarnya.

Namun demikian, kata dia, peletakan petugas jaga untuk pengaman kawasan keraton akan dilakukan jika ada permintaan dari kedua belah pihak.

"Kalau demikian jika ada permintaan pengamanan kami beri pengamanan," katanya. (mg arif)

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut