get app
inews
Aa Read Next : Kodam IV Diponegoro Sediakan 64 Stand Bazar Murah Penuhi Kebutuhan Pokok Jelang Lebaran

Menko PMK Salurkan Bantuan 6.000 Paket Sembako ke Pulau Karimunjawa

Sabtu, 31 Desember 2022 | 08:57 WIB
header img
Ribuan paket sembako CSR dari sejumlah BUMN untuk masyarakat Karimunjawa. Foto : Eka Setiawan/MPI

SEMARANG, iNewsSemarang.id – Pemerintah pusat turun tangan terkait dengan menipisnya kebutuhan pokok masyarakat di Karimunjawa. Ribuan paket sembako berisi beras, gula pasir dan minyak goreng di kirim ke Pulau Karimunjawa, pada Jumat (30/12/2022) malam.

Seperti diketahui, cuaca buruk yang terjadi sudah sepekan terakhir menyebabkan pelayaran lintas Karimunjawa-Jepara dihentikan. Kondisi ini menyebabkan stok pangan di Karimunjawa jumlahnya terus menipis.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy Jumat (30/12/2022) malam mengatakan, ribuan paket bantuan berisi bahan pokok dikirimkan ke Karimunjawa.

 “Hari ini 6.000 boks dari CSR beberapa BUMN, termasuk Pelni, Jasa Marga, Pelindo, Jasa Raharja dan Angkasa Pura. Mudah-mudahan besok sampai ke Karimunjawa,” kata Muhadjir di Pelabuhan Tanjung Emas, Kota Semarang.

Bantuan itu diangkut menggunakan KM Kelimutu dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Paket bantuan dalam kardus itu masing-masing berisi 5kg beras, 1 kg gula pasir dan 1 liter minyak goreng.

Muhadjir menyebut bantuan yang dikirimkan berbarengan dengan kapal itu mengangkut penumpang ke Karimunjawa, dijadwalkan tiba di sana Sabtu (31/12/2022). “Saya sama Pak Gubernur (Ganjar Pranowo) akan menyerahkan langsung ke sana,” ucapnya.

Malam itu, Muhadjir ditemani Ganjar Pranowo termasuk Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi meninjau langsung Pelabuhan Tanjung Emas, khususnya di KM Kelimutu.

Selain memastikan bantuan logistik Muhadjir dan rombongan juga sempat berdialog dengan penumpang KM Kelimutu. Mereka rata-rata menyebut jika di Karimunjawa kekurangan bahan pokok dan Bahan Bakar Minyak (BBM).

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut