get app
inews
Aa Read Next : Potret Khidmatnya Tawur Agung Kesanga di Pura Agung Giri Natha Semarang

Jelang Pemilu 2024 Polisi Internet Disiagakan, 1.321 Hoaks Ditakedown

Kamis, 05 Januari 2023 | 22:03 WIB
header img
Polisi Internet Disiapkan untuk Jaga Ruang Digital Tetap Bersih (Foto: Tangguh)

JAKARTA, iNews.id - Untuk menjaga ruang digital yang bersih dari hoaks, Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) siapkan polisi internet jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Johnny G. Plate, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) menyampaikan bahwa hingga saat ini telah melakukan takedown terhadap 1.321 hoaks politik jelang Pemilu 2024. 

"Dengan adanya surveillance system cyber drone yang bisa membaca numeric dan alfabet yang dimiliki kominfo, semua perkembangan bersifat hoaks dan hate speech atau kegiatan terlarang di ruang digital dapat dengan mudah dilacak," ungkapnya.

Tak hanya itu, Johnny menambahkan jika polisi internet akan beroperasi tanpa jeda setiap hari dan dapat memberi sanksi takedown tanpa pandang bulu apabila terjadi pelanggaran. 

Selain meredam tingkah buzzer pembuat kegaduhan dan hoax di ruang digital, Kominfo juga berkerja sama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) membentuk Satuan Tugas (Satgas) untuk mengantisipasi kebocoran data pada pemilu 2024.

"Kominfo turut bekerja sama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU), Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), serta didampingi oleh BSSN untuk memastikan data-data di Dukcapil dan KPU terjaga dengan baik, " tutur Johnny. (Mg/Erika)

Editor : Agus Riyadi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut