get app
inews
Aa Read Next : Pemerintah Tetapkan 1 Dzulhijjah Jatuh 8 Juni, Idul Adha Senin 17 Juni 2024

Video Qoriah Disawer saat Baca Alquran Viral di Medsos, Kemenag Angkat Bicara

Jum'at, 06 Januari 2023 | 10:32 WIB
header img
Video seorang Qoriah disawer jamaah saat membaca ayat-ayat suci Alquran viral di media sosial (medsos). Foto: Ist

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Video seorang Qoriah disawer jamaah saat membaca ayat-ayat suci Alquran viral di media sosial (medsos). Sontak saja video tersebut menuai respon hingga kecaman dari banyak orang lantaran dianggap sesuatu yang tidak pantas.

Video yang viral dan ditonton sebanyak 48.000 kali itu diunggah oleh Hilmi Firdausi dalam akun Twitternya @Hilmi28. Dalam video tersebut terlihat Qoriah Nadia Hawasy dari Tangerang-Banten tengah membaca Alquran. 

Namun di tengah-tengah lantunan, beberapa pria maju ke depan panggung dan menyawer dengan melayangkan uang dari atas ke bawah bak saweran penyanyi dangdut. Bahkan ada yang menyelipkan uang di kerudung qariah tersebut.

Dirjen Bimas Islam Kemenag, Kamaruddin Amin angkat bicara terkait viralnya video itu. Dia mengingatkan adab-adab baik yang harus diperhatikan saat membaca dan mendengarkan bacaan Alquran.

"Baik pembaca Alquran apalagi Alquran itu sendiri harus dihargai dengan standar etika yang tinggi. Cara seperti saweran itu terasa mengurangi sakralitas pembacaan ayat suci Alquran," kata Dirjen Bimas Islam Kemenag, Kamaruddin Amin melalui pesan singkat, Jumat (6/1/2023). 

Dengan demikian, dia berharap tindakan penyaweran tersebut tidak lagi dilakukan. Sebab mengganggu kekhusyuan dalam pembacaan Alquran. 

"Saat alquran dibacakan seharusnya kita mendengarkannya dengan khusyu, jangan diganggu dengan aktivitas yang mengurangi sakralitasnya," ujar dia.

Dia mengingatkan kepada masyarakat untuk menghargai seseorang dengan menggunakan standar etika yang tinggi. Pembacaan Alquran bukan hanya diperdengarkan tetapi juga membacakan ayat demi ayat kepada Tuhan. 

"Membaca Alquran bukan sekedar memperdengarkan suara yang indah tapi membacakan firman tuhan. Sekali lagi mari kita menghargai dengan standar etika yang tinggi," tuturnya. 

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut