get app
inews
Aa Read Next : Peduli Korban Banjir Demak, Alumni IPB Jateng Serahkan Bantuan Paket Sembako

Apresiasi Kepedulian Warga ke Korban Banjir, Wagub Jateng: Siapa Kena Dampak Semua Sakit

Minggu, 08 Januari 2023 | 12:01 WIB
header img
Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin Maimoen (Gus Yasin). (Foto: Ist)

SEMARANG, iNewsSemarang.id - Wakil Gubernur Jateng, Taj Yasin Maimoen mengapresiasi kepedulian masyarakat yang mau turut membantu memberikan berbagai macam bantuan seperti bantuan berbentuk logistik untuk korban banjir. Hal itu disampaikannya saat meninjau lokasi banjir di Kelurahan Meteseh, Tembalang, Kota Semarang.

"Tadi ada warga Genuk datang kesini memberikan bantuan makanan, keperluan. Nah ini, Gotong royong ini artinya sudah terbentuk, tersistem. Siapa kena dampak semua sakit," ujarnya.

Wagub meminta maaf kepada seluruh masyarakat Jawa Tengah atas bencana yang terjadi. Menurutnya, bencana banjir yang terjadi di beberapa wilayah akibat intensitas hujan yang tinggi. Untuk mengantisipasinya, Pemprov Jateng telah berkoordinasi dengan pemerintah pusat untuk upaya rekayasa cuaca.

"Mohon maaf kepada Warga Jateng, ini bencana. Jangan menyalahkan siapa saja. Kalau mau menyalahkan kami saja pimpinannya. Karena memang ini kelalaian kita. Dan kita berdoa semoga tidak ada hujan lagi, atau hujannya benar-benar bisa diatur dengan pesawat TMC (Teknologi Modifikasi Cuaca)," imbuhnya.

Lebih jauh, wagub meminta komunikasi antar wilayah diperketat. Hal itu perlu dilakukan mengingat intensitas hujan yang masih tinggi. Sehingga, antisipasi dan informasi kepada masyarakat dapat lebih cepat.

"Ini artinya kita harus mengantisipasi, kita harus mengontrol, berkoordinasi bukan hanya yang di Kota Semarang tapi kita juga berkoordinasi dengan Kabupaten Semarang yang mana sungai-sungai di Kota Semarang ini, Demak, Kendal juga dari atas. Memang ketika ada hujan lebat di atas, kita harus saling berkoordinasi," katanya.

Pemerintah juga terus memberikan pendampingan kesehatan bagi para korban. Dia mengatakan, Dinas Kesehatan Kota Semarang dan Pemprov Jateng bersiaga 24 jam untuk memantau kondisi kesehatan warga.

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut