Logo Network
Network

Disandingkan Dengan Khofifah, Elektabilitas Prabowo Kalahkan Ganjar Pranowo

Jonathan Simanjuntak , MNC Portal
.
Sabtu, 14 Januari 2023 | 19:54 WIB
Disandingkan Dengan Khofifah, Elektabilitas Prabowo Kalahkan Ganjar Pranowo
Ilustrasi (Foto: Dok. Okezone)

JAKARTA, INewsSemarang.id - Elektabilitas Prabowo Subianto dilaporkan meningkat di Provinsi Jawa Timur seiring dengan kabar bahwa pada Pemilu 2024, Khofifah selaku gubernur Jawa Timur akan menjadi Calon Wakil Presiden (Cawapres) pendampingnya. 

Menurut hasil survey dari Lembaga Survei Nasional (LSN), sebesar 42,1 persen suara diperoleh Prabowo. Tak berbeda jauh, sebanyak 41,9 persen diterima Ganjar, dan urutan terakhir ditempati oleh Anies dengan perolehan 13,5 persen suara. 

"Tampaknya, isu Prabowo/Khofifah baru-baru ini cukup mendongkrak elektabilitas Prabowo di Jawa Timur," terang Peneliti LSN, Gema Nusantara Bakry, Sabtu (14/1/2023).

Dilihat dari periode sebelumnya, LSN mengungkapkan jika Jawa Timur menjadi provinsi penting yang punya peranan penting terkait kemenangan calon presiden mendatang. 

"Dengan didampingi calon wakil presiden yang disukai warga nahdliyin serta koalisi Partai Gerindra dan PKB, Prabowo kemungkinan akan menang di Jawa Timur sekaligus nasional," ujarnya. 

Sementara itu, survei dilakukan oleh LSN pada 2-11 Januari 2022 di 6 Provinsi Pulau Jawa. Dengan mengambil sampel acak bertingkat dari 810 responden berusia 17 tahun keatas, tingkat kepercayaan dalam survei ini mencapai 95 persen dan margin of eror kurang lebih 3,5 persen. (Mg/Erika Layliyah) 

Editor : Agus Riyadi

Follow Berita iNews Semarang di Google News

Bagikan Artikel Ini