get app
inews
Aa Read Next : Ini Cara Praktis Memberikan ASI Eksklusif bagi Ibu Bekerja dengan Pompa ASI Spectra

Selain Menyegarkan, Inilah 6 Manfaat Air Kelapa Muda yang Harus Diketahui

Jum'at, 20 Januari 2023 | 14:13 WIB
header img
Deretan manfaat air kelapa muda. (Foto: Ilustrasi)

SEMARANG, iNewsSemarang.id - Selain rasanya yang menyegarkan dan menghilangkan dahaga, air kelapa muda memiliki banyak manfaat, seperti menjaga kesehatan tubuh. Khasiat air kelapa muda sudah tidak diragukan lagi. Cairan elektrolit ini mengandung berbagai macam vitamin dan mineral.

Berikut adalah beragam manfaat yang akan didapatkan ketika rutin mengonsumsi air kelapa muda:

1. Sebagai sumber elektrolit 

Air kelapa mengandung zat elektrolit seperti potasium dan magnesium. Air kelapa ini dipercaya sangat ampuh untuk mengatasi dehidrasi setelah olahraga dibandingkan dengan air putih.

2. Sebagai antioksidan bagi tubuh

Air kelapa muda sangat kaya akan antioksidan. Antioksidan ini membantu untuk menangkan radikal bebas serta menetralkan stress oksidatif.

Di tahun 2016 lalu, sebuah penelitian menemukan bahwa air kelapa sangat berpotensi untuk mengurangi kolesterol pada tubuh. 

3. Menurunkan kadar gula darah

Berdasarkan penelitian pada tahun 2021 lalu, air kelapa muda dapat menurunkan kadar gula darah seperti mengurangi glukosa dalam darah.

Air kelapa merupakan sumber magnesium. Zat ini dapat meningkatkan tingkat sensitivitas insulin dan dapat menurunkan kadar gula darah pada penderita prediabetes dan diabetes tipe 2.

4. Menjaga kesehatan ginjal

Manfaat air kelapa muda untuk menyehatkan ginjal sudah dibuktikan dalam sebuah penelitian di tahun 2018 lalu. Air kelapa dapat membantu menghilangkan banyak kandungan sitrat, klorida, hingga kalium ketika membuang air kecil.

5. Menghidrasi kulit

Air kelapa muda dapat membantu untuk menghidrasi kulit hingga menjadikan kulit lebih sehat dan lembab. Hal tersebut dikarenakan air kelapa memiliki efek antimikroba.

6. Membantu menurunkan berat badan

Air kelapa dapat membantu menurunkan berat badan dengan cara sebagai pengganti minuman manis. Segelas air kelapa mengandung 45 kalori, sehingga air kelapa sangat cocok untuk menjalani diet.

Selain manfaat yang sudah dituliskan di atas, air kelapa juga memiliki lebih banyak manfaat yang tentunya sangat berguna bagi kesehatan tubuh. Untuk itu, rajinlah mengonsumsi air kelapa agar tubuh lebih segar dan sehat.(Mg/Fahita)

 

Editor : Agus Riyadi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut