get app
inews
Aa Read Next : Tingkatkan Kesehatan Kulit, Berikut Deretan Manfaat Buah Goji Berry

Jarang Diketahui, Ini 5 Manfaat Konsumsi Cabai Hijau Bagi Tubuh

Jum'at, 03 Februari 2023 | 16:43 WIB
header img
Kandungan dalam cabai hijau meliputi vitamin A, vitamin B6, vitamin K. Selain itu, ada mineral kalsium, magnesium, folat, kalium, tiamin, zat besi, tembaga, dsb (Foto: Getty Images)

Semarang, iNewsSemarang- Jenis cabai yang umum digunakan oleh masyarakat Indonesia adalah cabai hijau, sebagai tambahan bumbu masak atau diolah menjadi sambal . Namun, banyak yang belum tahu jika cabai hijau mengandung manfaat bagi tubuh yang menarik untuk diulas.

Kandungan dalam cabai hijau meliputi vitamin A, vitamin B6, vitamin K.  Selain itu, terdapat mineral kalsium, magnesium, folat, kalium, tiamin, zat besi, tembaga, dsb. Oleh karenanya, masyarakat disarankan untuk mengonsumsi cabai hijau setiap hari.

Melansir dari Times of India, Jumat (3/2/2023), berikut ini rangkuman manfaat cabai hijau selengkapnya:

Jarang Diketahui, Ini 5 Manfaat Konsumsi Cabai Hijau Bagi Tubuh

1. Antikanker

Siapa sangka, cabai hijau ternyata menyimpan ragam senyawa bioaktif, flavonoid, asam felonik, karatenoid, dan asam askrobat. Senyawa tersebut berperan sebagai antioksidan dan anti-inflamasi.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Tubuh manusia akan memperoleh banyak manfaat farmakologis melalui Capsaicin. Capsaicin dapat mengatasi sindrom nyeri kronis dan penyakit jantung iksemik. Warna hijau pada cabai adalah kombinasi klorofil dan karatenoid (prekursor vitamin A).

Karatenoid berfungsi sebagai pelindung jaringan tubuh akan cahaya dan oksigen. Mengonsumsi cabai turut dihubungkan dengan penurunan kasus kematian akibat penyakit jantung. Cabai hijau sangat baik untuk mengontrol penyakit kardiovaskular dan diabetes tipe-2.

3. Bakar Lemak dan Cegah Obesitas

Rasa pedas cabai hijau karena mengandung Capsaicin, senyawa bioaktif utama yang memiliki manfaat kesehatan. Capsaicin, agen antioksidan kuat dalam tanaman, mampu melawan kadar kolestrol tinggi dan obesitas. Ini membakar lemak dan membantu anda menurunkan berat badan.

4. Menguatkan Kekebalan Tubuh

Rutin mengonsumsi cabai hijau, bisa meningkatkan kekebalan tubuh dan mengobati nyeri radang sendi. Cabai turut berperan untuk membangun dan memelihara sistem kekebalan tubuh manusia. Kandungan Capsaicin memiliki sifat anti-mikroba, yang berfungsi untuk menghambat potensi mikroorganisme patogen dalam makanan secara alami.

5. Mencegah Penuaan dan Membuat Kulit Bercahaya

Cabai hijau adalah salah satu sumber utama asam askorbat (vitamin C). Asam askorbat memiliki sifat antioksidan yang kuat terhadap radikal bebas karena daya reduksinya, sehingga membantu memberi cahaya dari dalam tubuh. Tingginya kadar antioksidan bisa memulihkan dan mencegah penuaan dini. Efek biokimia dan farmakologis cabai termasuk anti-inflamasi, anti-alergi, dan anti-oksidasi sel kulit.

(Mg/Shinta)

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut