get app
inews
Aa Read Next : 7 Pantangan Saat Imlek, Nomor 3: Dilarang Mencuci Pakaian

Jangan Sampai Salah! Begini Cara Mengucapkan Gong Xi Fa Cai yang Benar

Jum'at, 20 Januari 2023 | 17:01 WIB
header img
Ilustrasi. Cara mengucapkan Gong Xi Fa Cai (Freepik)

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Cara mengucapkan Gong Xi Fa Cai ternyata ada aturannya dan bukan asal. Ucapan Gong Xi Fa Cai sendiri memiliki makna selamat berbahagia dan kaya raya. 

Saat mengucapkan Gong Xi Fa Cai biasanya dilakukan dengan sikap melipat tangan 'Bai-Bai'. Sikap ini berbeda antara laki-laki dan perempuan. Lalu seperti apa perbedanya?

Simak Cara Mengucapkan Gong Xi Fa Cai:

Anak laki-laki harus lipatan tangan yang kiri diletakkan di bagian depan. Sedangkan, lipatan jari tangan kanan harus disembunyikan di dalamnya.

Sikap tersebut merupakan lambang dari suasana sukacita. Sedangkan, bila tangan kanan diletakkan di bagian luar, maka artinya pernyataan diri dalam 'kesusahan/minta ampunan' pada orang tua.

Sedangkan sikap saat mengucapkan Gong XI Fa Cai pada perempuan adalah memposisikan tangan dengan sebaliknya cara laki-laki. Hanya saja, saat ini tradisi ini sudah bergeser paham.

Melansir buku 'Notredame Edisi 29 Januari-Maret 2017, saat Imlek orang-orang akan mengucapkan Gong Xi Fa Cai sambil melipat tangan kanan di bagian atas. Sedangkan, jari tangan kiri disembunyikan di dalamnya.

Demikian cara mengucapkan Gong Xi Fa Cai dan artinya. Jangan lupa dipraktikkan ya! (MG/Ajeng) 

Editor : Agus Riyadi

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut