get app
inews
Aa Read Next : BPS Catat Inflasi RI April 2024 Tembus 0,25 Persen

Jaga Stok dan Distribusi Pangan, Solusi BPS Tekan Inflasi

Rabu, 01 Februari 2023 | 19:13 WIB
header img
Kepala Badan Pusat Statistik (BPS), Margo Yuwono menghimbau pihak yang bersangkutan untuk mengawasi manajemen stok dan rantai distribusi pangan pokok. Foto: jernih..co

Semarang, iNewsSemarang.id- Untuk menekan inflasi harga produk pangan (volatile food) di waktu mendatang. Kepala Badan Pusat Statistik (BPS), Margo Yuwono menghimbau pihak yang bersangkutan untuk mengawasi manajemen stok dan rantai distribusi pangan pokok.

Margo meminta agar pihak stakeholder di tingkat pusat dan daerah berkoordinasi untuk mengawasi dinamika iklim dan cuaca yang berpengaruh terhadap harga komoditas pangan dalam negeri.

“Dengan demikian, saat tidak musim panen, ketersediaan bahan pangan pokok masih mencukupi dan harga bisa terkendali,” ucapnya, mengutip dari Antara, Rabu (1/2/2023).

Sebagian besar angka inflasi sebesar 0,34% month to month (mtm) pada Januari 2023 disumbangkan oleh komoditas pangan, meliputi beras senilai 0,07%, cabai merah 0,04%, ikan segar 0,04%, dan cabai rawit senilai 0,03% per Januari 2023.

Gejolak inflasi pada komponen harga meningkat sebesar 5,7%, lebih tinggi dibandingkan bulan Desember 2022 dengan inflasi sebesar 5,61% , dan memberi andil sebesar 0,97% pada bulan Januari 2023.

Margo menghimbau agar kebijakan dalam menaikkan harga komoditas segera diambil dengan cermat supaya dampaknya pada inflasi bisa dikelola dengan baik.

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut