get app
inews
Aa Read Next : BPS Catat Inflasi RI April 2024 Tembus 0,25 Persen

Antisipasi Inflasi Jelang Ramadhan dan Idul Fitri, Pemerintah Mulai Susun Strategi

Jum'at, 03 Februari 2023 | 09:36 WIB
header img
Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Febrio Kacaribu. (Foto: tangkapan layar)

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Pemerintah mulai mengantisipasi ketersediaan dan stabilitas harga pangan menjelang Ramadan dan Idulfitri 2023. Pemerintah juga terus memantau pergerakan harga komoditas sekaligus menyiapkan langkah antisipasi pengendalian inflasi. Mengingat pengendalian inflasi merupakan salah satu isu utama yang menjadi perhatian Presiden. 

“Untuk menjamin ketersediaan pangan dan menjaga stabilitas harga pangan di masyarakat, pemerintah telah melakukan berbagai upaya melalui percepatan impor, antisipasi lonjakan harga akibat risiko gangguan cuaca, serta persiapan menghadapi Ramadan dan Idul Fitri yang sudah dilakukan dari sejak awal tahun,” ujar Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Febrio Kacaribu di Jakarta, Kamis (2/2/2023).

Adapun, inflasi di Indonesia pada Januari 2023 tercatat sebesar 5,28 persen year-on-year (yoy). Angka ini lebih rendah dibanding bulan sebelumnya, yaitu 5,51 persen di Desember 2022. Tren inflasi mulai turun perlahan, terutama dari administered price yang berasal dari harga bahan bakar. 

"Pemerintah terus mengantisipasi pergerakan harga komoditas energi dan ketersediaan pasokan BBM untuk memastikan fungsi stabilisasi APBN, yaitu sebagai shock absorber di tengah kondisi global yang masih bergejolak,” tuturnya.

Jika dilihat per kelompok, inflasi inti turun tipis ke angka 3,27 persen (yoy) dari 3,36 persen pada Desember 2022 (yoy). Kinerja inflasi ini di satu sisi berasal dari penurunan inflasi kebutuhan sandang, perumahan dan jasa layanan perumahan, serta rekreasi. 

Sementara di sisi lain, terjadi peningkatan inflasi pada sektor kesehatan serta perawatan pribadi dan jasa lainnya. 

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut