get app
inews
Aa Read Next : Waspadai 5 Penyakit Disebabkan Berpikir Negatif, Nomor 4 Bisa Mematikan

Tak Perlu Obat, Konsumsi 5 Makanan Ini agar BAB Pagi Hari Lancar

Selasa, 07 Februari 2023 | 13:00 WIB
header img
Anda tak harus mengatasi sembelit dengan obat, masih ada cara alternatif yang dapat diambil. Misalnya dengan makanan berserat. Foto : Istimewa

SEMARANG, iNewsSemarang.id- Susah Buang Air Besar (BAB) saat pagi hari menjadi masalah yang mungkin pernah dialami oleh setiap orang. Hal ini bisa menganggu aktivitas sehari-hari karena rasa tidak nyaman di perut akibat BAB tidak lancar.

Meskipun terlihat sepele, masalah sulit BAB membuat waktu seseorang terbuang lebih lama di toilet. Seseorang yang sulit BAB, perut akan terasa penuh atau mules. Sehingga, hal ini tak bisa diremehkan.

Kondisi ini sering disebut dengan sembelit, yang dipicu oleh sistem pencernaan yang lambat atau buruk. Anda tak harus mengatasi sembelit dengan obat, sebab ada langkah alternatif yang dapat diambil. Misalnya mengonsumsi makanan yang bisa membantu untuk mudah buang air besar, makanan sehat dapat bekerja dari dalam untuk memperlancar pencernaan. Makanan apa saja yang bisa redakan sembelit akan diulas lebih lanjut berikut ini:

Tak Perlu Obat, Konsumsi 5 Makanan Ini Agar BAB Pagi Hari Lancar

Mengutip NDTV, ada lima rekomendasi makanan oleh Ahli diet Akanksha J Sharda untuk makanan yang membantu meningkatkan kesehatan usus, meningkatkan pergerakan usus, dan mencegah sembelit:

1. Probiotik: Mngonusmi makanan yang mengandung prebiotik seperti yoghurt, kefir, kombucha, dan biji chia bisa membantu meningkatkan kesehatan usus. Tak heran jika prebiotik dikenal untuk memperbaiki pencernaan dan meredakan sembelit.

2. Buah dan sayuran: Dua kombo ini memang sudah dikenal masyarakat atas sejuta manfaat di dalamnya. Selain kaya serat, buah dan sayuran masih ditambah oleh kandungan zat antioksidan dan nutrisi lainnya yang membantu pencernaan serta kesehatan usus. Anda bisa mengonsumsi apel, jeruk, pisang, hingga buah-buahan beri misalnya stroberi, blueberi, dan raspeberi

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut