get app
inews
Aa Read Next : Tingkatkan Kesehatan Kulit, Berikut Deretan Manfaat Buah Goji Berry

Mengenal Ceramide, dari Manfaat hingga Efek Sampingnya bagi Kulit Wajah

Selasa, 07 Februari 2023 | 16:37 WIB
header img
Ceramide pada wajah bisa menurun karena faktor usia. Sehingga beberapa produk kecantikan menawarkan kandungan ceramide. (Foto: iNews doc)

Semarang, iNewsSemarang.id- Skincare akhir-akhir ini menjadi hal yang digemari oleh masyarakat karena dinilai mampu merawat dan memperbaiki kondisi kulit wajah. Tak heran bila jumlah peminatnya semakin meningkat. Alhasil, variasi produk dan brand pun bermunculan. Salah satu kandungan skincare adalah Ceramide, yang berperan menghidrasi kulit.

Kulit memiliki lapisan pelindung yang terdiri atas beberapa komponen. Ceramide adalah komponen utamanya, komponen ini membantu menjaga kelembapan dan memperkuat skin barier. Sehingga, kulit terlindung dari paparan lingkungan dan memperlambat proses penuaan. Namun, komposisi ceramide bisa dapat menurun karena faktor usia.

Tak heran apabila produk kecantikan dan perawatan kulit banyak yang menawarkan kandungan ceramide. Akan tetapi beberapa pihak masih belum memahami sepenuhnya apa itu ceramide pada skincare, manfaat dan efek sampingnya.

Mengutip dari Medicalnewstoday, ceramide adalah lemak lipid yang tersusun atas sphingosine yang masih berkaitan dengan asam lemak lainnya. Kulit manusia sendiri mengandung ceramide sebanyak 50 %. Kandungan ini berperan penting untuk menghidrasi atau menjaga kelembapan kulit.

Di samping asam lemak dan kolesterol, ceramide juga membentuk lapisan lipid antara sel kulit mati yang menghalangi kulit. Ketika sel tesebut mulai naik ke dalam lapisan kulit, mereka akan membentuk gumpalan lemak pada lapisan kulit.

Gumplan itu terdiri oleh 50% ceramide, 25% kolesterol, 20% asam lemak, dan 5 % lipid. Zat-zat ini akan mengisi ruang kosong pada kulit dan mengunci kelembapan.

Manfaat Ceramide untuk Kulit

Tujuan utama yang dicari kandungan ceramide pada skincare adalah daya hidrasinya. Karena, kulit yang dehidrasi terasa kasar dan terdapat kerutan-kerutan halus akibat berkurangnya kelembapan maka kulit akan jadi kasar dan rentan terkena peradangan, jerawat, eskim.

Ceramide juga membantu meremajakan kulit. Seiring bertambahnya usia, kulit akan kehilangan protein struktural seperti kolagen, elastin, dan keating. Alhasil, muncul tanda-tanda penuaan dini, garis keriput dan garis halus.

Ceramide berperan sebagai pelindung kulit dari kerusakan akibat sinar UV. Sinar ini pemicu utama dari 90% permasalahan kulit. Bahkan, dermatologis menyebut fenomena ini sebagai photoaging akibat paparan langsung sinar UV matahari.

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut