get app
inews
Aa Read Next : Sering Disamakan, Ternyata Ini Perbedaan Batu Ginjal dan Gagal Ginjal

Waspada! Rutin Konsumsi Mi Instan Bisa Sebabkan Kanker Hingga Stroke

Rabu, 08 Februari 2023 | 18:48 WIB
header img
Ilustrasi Mie Instan (Ist)

Usai melihat penjabaran kandungan nutrisi mie instan, bolehkah seseorang memakannya setiap hari?

“Meski harganya terjangkau dan rasanya yang kebanyakan menggoyang lidah, tidak disarankan mengonsumsi mie instan setiap hari, karena memiliki sejumlah konsekuensi yang sangat serius bagi kesehatan anda,” jelas Jenifer.

Ini disebabkan oleh tingginya kadar sodium dalam mie instan. Menurut Jennifer, dalam satu porsi mie instan, kandungan sodiumnya antara 397 hingga 3678 mg per 100 mg mi instan.

“Memang benar bahwa tubuh manusia tetap membutuhkan sodium untuk keseimbangan kesehatan, tetapi jika kadarnya terlalu tinggi, ini malah berbahaya bagi kesehatan. Salah satu masalah kesehatan yang bisa terjadi adalah kanker perut, masalah jantung, dan stroke,” terangya.

Sesuai yang telah dijelaskan di awal, bahwa kadar serat dan protein mie instan sangat rendah. Alhasil, jenis makanan satu ini perlu disikapi dengan bijak pemanfaatannya.

“Karena itu, jangan jadikan mie instan sebagai makanan pokok atau dikonsumsi setiap hari. Ini terbukti meningkatkan risiko sindrom metabolik,” kata Rachel Links, ahli nutrisi asal New York, Amerika Serikat, dikutip dari Healthline.

Oleh sebab itu, Links menekankan sesekali lagi agar bisa mengurangi frekuensi makan mie instan dan mulai beralih ke menu yang lebih sehat.

“Atau bisa juga mengonsumsi mie yang lebih sehat dan menambahkan sayuran dan sumber protein ke dalam mangkuk mie instannya,” sarannya.

“Sesekali makan mie instan tidak masalah, selama Anda menjaga pola makan yang lain dengan baik dan seimbang,” tutupnya.

(Mg/Shinta)

 

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut