get app
inews
Aa Read Next : Suhu Udara Kota Semarang Semakin Panas, Kurangi Aktivitas di Jam Ini!

Gempa M5,4 Guncang Jayapura, 4 Orang Tewas Tertimpa Puing Restoran

Kamis, 09 Februari 2023 | 20:49 WIB
header img
Restoran yang ambruk ke laut di kawasan Ruko, Dox II, Kota Jayapura, Papua saat gempa bumi, Kamis (9/2/2023). (Foto : Facebook)

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Gempa bumi berkekuatan Magnitudo 5,4 mengguncang Kota Jayapura, Papua, Kamis (9/2/2023) siang. Akibat gempa tersebut, sejumlah bangunan retak-retak hingga rusak dan roboh dan empat orang tewas tertimpa bangunan.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Jayapura Asep Khalid mengatakan, keempat korban ditemukan dari puing bangunan restoran yang ambruk ke laut akibat guncangan gempa.

Lokasi restoran ini berada di atas perairan di kawasan Kota Jayapura sehingga proses evakuasi dilakukan tim ahli dengan menyelam.

"Kafe ada yang roboh dan di situ ada empat meninggal. Para korban ada di kafe, guncangan lalu roboh. Roboh lalu korban tertindih, langsung jatuh ke laut bangunannya. Bangunannya ada di pinggir talud," ujar Asep, Kamis (9/2/2023).

Dia menuturkan, getaran gempa dirasakan kuat selama 2-3 detik. Masyarakat panik dan berhamburan keluar rumah serta bangunan.

Lebih lanjut, saat menyampaikan laporan kepada Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan (Pusdatinkom) BNPB, Asep merasakan gempa susulan yang kembali terjadi.

“Gempa bumi tadi dirasakan kuat selama 2-3 detik. Ini sekarang terasa guncangan gempa bumi yang sedang berjalan,” katanya.

Sementara itu, beberapa bangunan seperti rumah, fasilitas umum dan fasilitas kesehatan juga dilaporkan mengalami kerusakan.

Beberapa pasien RSUD Kota Jayapura turut diungsikan ke halaman gedung untuk menghindari adanya hal-hal yang tidak diinginkan.

"Keluar-keluar betul. Semuanya (pasien) di luar," kata Asep.

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut