get app
inews
Aa Read Next : Kisah Inspiratif Letkol Kopassus Untung Pranoto dari Preman Terminal Semarang Jadi Perwira Disegani

20 Tahun Terpisah, Wajah Haru Terpancar dari Panorama 11 Saat Temu Kangen

Sabtu, 18 Februari 2023 | 17:47 WIB
header img
Temu kangen alumni Secapa AD Panorama 11 di Pendopo Tumenggung Bahurekso Kendal.(Inews/Agus)

 KENDAL, iNewsSemarang.id - Setelah 20 tahun lamanya tak bertemu, puluhan purnawirawan TNI dari Secapa AD Panorama 11 kembali bertemu dalam acara temu kangen. Acara ini diwarnai dengan wajah haru dan kebahagiaan dari mereka yang datang dari berbagai daerah di Indonesia dan sebagian besar mengenakan baret merah.

Mayor CPM (Purn) Basirun Nugroho yang datang jauh-jauh dari Surabaya, mengaku merasa bangga bisa mengikuti acara ini. 

"Kami ini alumni Secapa AD Panorama 11 angkatan 2002. Hadir di acara yang pertama kali digelar setelah 20 tahun ini rasanya bangga luar biasa," kata Basirun di tengah acara temu kangen yang digelar di Pendopo Tumenggung Bahurekso Kendal, Sabtu (18/2/2023).

Dikatakan, acara ini sengaja digelar untuk merekatkan silaturahmi. Menurut dia, silaturahmi adalah sebuah tindakan yang hebat untuk membangun sebuah keharmonisan dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Basirun membeberkan, rekan seangkatannya sebagian besar sudah purna tugas. Hanya tersisa sebagian kecil yang masih aktif bertugas sebagai anggota TNI.

"Meski sudah purna tapi semangatnya tetap semangat 45," ujarnya.

Dia menuturkan, bisa bertemu kembali dengan rekan-rekannya di Panorama 11 rasa bahagianya tak bisa lagi untuk diungkapkan dengan kata-kata. 

"Yang jelas bangga, bahagia dan tak bisa diungkapkan dengan kata-kata," tuturnya dengan wajah penuh haru.

Wakil Bupati Kendal, H Basuki yang juga alumni Panorama 11 mengatakan, temu kangen merupakan ajang untuk menjalin kebersamaan antar anggota karena 20 tahun tidak bertemu.

"Kesan yang saya dapat, saya merasakan kebersamaan, keakraban. Ini sangat luar biasa," katanya.

Dalam kesempatan ini, Wabup Basuki berpesan kepada anggota Paguyuban Baret Merah yang lain agar lebih banyak bersyukur, karena dari anggota lainnya telah banyak yang telah meninggal dunia, baik gugur saat tugas maupun dikarenakan sakit.

"Di sini artinya kita hidup harus bermanfaat. Sisa umur yang ada harus digunakan untuk ibadah dan ibadah," ujarnya.

Sementara itu, Dandim Kendal Letkol Inf Misael Marthen Jenry Polii yang hadir dalam acara temu kangen alumni tersebut mengatakan, meskipun sudah purna tugas, para alumni Panorama 11 diharapkan bisa menjadi contoh sebagai leader dan sebagai ujung tombak dalam menjaga keamanan wilayah NKRI.

“Harapannya pensiunan ini bisa ikut serta menjaga keutuhan NKRI, demi memberikan contoh keteladanan yang baik dalam membangun bangsa dan negara,” tandasnya.

 

 

Editor : Agus Riyadi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut