get app
inews
Aa Read Next : Kisah Muntahir, Kakek 85 Tahun Naik Haji usai Menabung Uang Hasil Parkir Motor Sejak 2012

Komitmen Jaga Kualitas Jabatan Fungsional Professor, Kemenag Tempuh Kiat Ini

Jum'at, 24 Februari 2023 | 19:04 WIB
header img
Kasubdit Ketenagaan Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) Ditjen Pendidikan Islam, Ruchman Basori (berbaju putih). Foto: Dok

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Kasubdit Ketenagaan Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) Ditjen Pendidikan Islam, Ruchman Basori mengungkapkan Kementerian Agama (Kemenag) terus berkomitmen untuk untuk menjaga kualitas penilaian dan penetapan jabatan fungsional akademik dosen hingga guru besar. 

Kemenag terus berikhtiar dan melakukan kiat-kiat menjaga kualitas, lanjut Ruchman yaitu dengan menerapkan penilaian berlapis dari Tim Besar dan Tim Kecil Penilaian Angka Kredit (PAK). 

“Syarat khusus berupa jurnal bereputasi internasional dinilai dengan sangat teliti, ketercukupan angka kredit dan juga syarat tambahan," katanya pada Rapat Persiapan Perkuliahan Semester Genap Tahun Akademik 2022/2023 Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Selasa (21/2/2023).

“Profesor adalah jenjang kepangkatan akademik tertinggi seorang dosen, karenanya harus dilakukan penilaian yang ketat dan dengan system yang akuntabel," terang Alumni UIN walisongo ini.

Dihadapan ratusan dosen FITK UIN Jakarta, Ruchman menegaskan bahwa hambatan terbesar seorang dosen menjadi professor adalah ada pada diri dosen sendiri. 

“Tidak ada hambatan birokrasi, karena saat ini eranya transparan, yang ada adalah hambatan dari pengusul guru besar itu sendiri," ujarnya.

Ruchman meminta kepada para dosen yang sudah Lektor Kepala untuk serius dan fokus mengurus administrasi Guru Besar. 

“Pulang dari sini, tolong Bapak dan Ibu mulai serius mengurusi administrasi guru besar, menyiapkan artikel beruputasi internasional dan karya-karya ilmiah lainnya," imbuh Kandidat Doktor Manajemen Kependidikan UNNES ini. 

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut