get app
inews
Aa Read Next : Ingin Basmi Panu Sampai ke Akar? Gunakan 5 Bahan Alami Berikut

Deretan Obat untuk Atasi Rasa Gatal Pada Kulit

Sabtu, 25 Februari 2023 | 08:39 WIB
header img
Rekomendasi obat gatal untuk kulit (Foto: Freepik)

JAKARTA, iNewsSemarang.id – Semua orang bisa terkena serangan rasa gatal pada kulit tanpa kenal tempat juga waktu. Bahkan, saat kita tengah sibuk beraktivitas sekalipun.

Kulit gatal atau yang punya nama medis pruritus ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Mulai dari yang sederhana seperti kulit kering, gigitan serangga, infeksi jamur, eczema, alergi, kecemasan, sampai kondisi yang lebih serius seperti penyakit liver atau gagal ginjal.

Jika Anda merasa gatal, jangan digaruk melainkan diobati karena pengobatan gatal pada kulit fokus menghilangkan penyebab gatal itu sendiri.

Dilansir dari Medical News Today yang sudah ditinjau secara medis oleh Debra Rose Wilson, Ph.D., MSN, Mayo Clinic,dan Alodokter yang sudah ditinjau secara medis juga oleh dr. Airindya Bella, Rabu (22/2/2023) berikut adalah beberapa rekomendasi obat untuk menghilangkan rasa gatal:

1.  Mandi air hangat: Obat satu ini biasanya untuk yang mengalami gatal-gatal parah atau gatal-gatal pada jangka panjang. Disarankan sebelum tidur, mandi air hangat selama 20 menit, lalu oleskan salep triamcinolone 0,025 persen hingga 0,1 persen ke kulit yang masih lembap.


2. Terapi cahaya (Phototherapy): Ini melibatkan pemaparan jenis cahaya tertentu ke kulit, umumnya jadi alternif obat bagi orang-orang yang tak bisa minum obat oral. Biasanya direkomendasikan untuk orang dengan kondisi khusus seperti psoriasis. Butuh beberapa sesi fototerapi, sampai rasa gatalnya bisa terkendali.

3. Obat antifungal: Alias obat oles (topical) untuk gatal kulit karena infeksi jamur. Mulai dari kurap, kutu air, dan infeksi jamur lainnya. Selain dalam bentuk krim, bisa juga obat ini dalam bentuk sampo. Pada kasus infeksi jamur berat, dokter bisa saja meresepkan obat oral atau obat yang harus diminum seperti obat terbinafine yang sudah umum dipakai.

4. Krim dan salep kortikosteroid: Untuk kulit yang gatal dan meradang, petugas medis biasanya disarankan untuk mengoleskan krim atau salep obat kortikosteroid ke area yang gatal. Setelah itu, ditutupi dengan kain berbahan katun basah. Kelembapan ini bantu kulit menyerap krim dan sebagai pendinginan untuk kulit.

5. Obat oral: Alias obat yang diminum, contohnya obat Antidepresan atau yang disebut inhibitor reuptake serotonin selektif (SSRI) seperti obat fluoxetine dan sertraline. Obat ini bekerja bisa bantu meredakan beberapa jenis gatal jangka panjang. Bisa juga antidepresan trisiklik, seperti doxepin untuk pilihan alternatif. Efek penuhnya baru mulai terasa setidaknya hingga 8 hingga 12 minggu setelah minum obat.

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut