get app
inews
Aa Read Next : 2 Desa di Demak Masih Tergenang Banjir

Banjir Rendam 4 Kecamatan di Kudus, Ratusan Warga Mengungsi

Jum'at, 03 Maret 2023 | 13:32 WIB
header img
Warga Desa Jati Wetan, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, mulai mengungsi akibat banjir. (Foto: Dok BPBD Kudus)

KUDUS, iNewsSemarang.id - Banjir di Kudus meluas hingga merendam empat kecamatan. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kudus juga mencatat jumlah warga bertambah menjadi 173 orang. 

Jumlah rumah tergenang banjir 879 unit, sedangkan areal persawahan yang terdampak 5.425 hektare tersebar di empat kecamatan, yakni Mejobo, Jati, Undaan, dan Jekulo.

"Jika sebelumnya warga yang mengungsi dari dua desa, yakni Desa Payaman dan Tanjungkarang, kini bertambah dari Desa Gulang dan Jati Wetan," kata Kepala Pelaksana Harian BPBD Kudus Mundir, Jumat (3/3/2023).

Dia mengatakan data pengungsi akan terus dimutakhirkan, terlebih curah hujan cenderung naik. Desa terdampak banjir di Kecamatan Mejobo, yakni Desa Payaman dan Golantepus, sedangkan di Kecamatan Jati yakni Desa Tanjungkarang, Jati Wetan, dan Jetiskapuan. Di Kecamatan Undaan meliputi Desa Ngemplak, Karangrowo, dan Undaan Lor.

Berdasarkan data per Kamis (2/3), pukul 17.00 WIB jumlah pengungsi dari Desa Gulang mencapai 74 orang, Desa Jati Wetan 50 orang, Desa Payaman 32 orang, dan Desa Tanjungkarang 17 orang. Sebagian besar warga yang rumahnya tergenang banjir tersebut, mengungsi di balai desa setempat karena sejak curah hujan tinggi sudah dipersiapkan tempat pengungsian, sedangkan lainnya mengungsi di rumah ibadah, seperti dilakukan warga Desa Tanjungkarang mengungsi di kelenteng dan gereja.

Untuk kebutuhan logistik bahan makanan, BPBD Kudus masih memiliki stok yang cukup, belum termasuk pemerintah desa yang juga bisa mengalokasikan bantuan itu melalui anggaran desa.

Warga di pengungsian sudah disiapkan dapur umum yang menyiapkan kebutuhan makan dan minum setiap hari. Persediaan itu juga untuk warga  yang bertahan di rumah.

(Mg/Ajeng) 

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut