get app
inews
Aa Read Next : Jangan Abaikan! Ini 10 Tips Aman Mendaki Gunung saat Musim Hujan

5 Cara Kecilkan Perut Buncit Tanpa Ribet

Rabu, 08 Maret 2023 | 16:39 WIB
header img
Cara mengecilkan perut buncit (Foto: Fitness)

JAKARTA, iNewsSemarang.id – Perut buncit memang menjadi hal yang menyebalkan bagi sebagian orang. Sekitar 40% orang Jakarta mengalami perut buncit. Hal tersebut disampaikan dr. Piprim Basarah Yanuarso, Sp.A(K), Ketua Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) bahwa kondisi itu merupakan obesitas sentral.

Hal ini menanggapi pernyataan Direktur P2PTM Kementerian Kesehatan RI , Dr. Eva Susanti, S.Kp., M.Kes, DKI Jakarta menyebutkan DKI Jakarta sebagai kota dengan obesitas tertinggi di Indonesia.

Sepakat, karena data di Riskesdas sekitar 40 persen atau lebih orang di Jakarta itu buncit atau obesitas sentral,” jelas dr. Piprim kepada awak media saat dijumpai di Gedung PB IDI Jakarta, Kamis (2/3/2023)

Berikut cara mengecilkan perut buncit:

1. Perbanyak Makan Buah

Makan lebih banyak buah yang sebagian besar mengandung serat tinggi. Dapat membantu merasa lebih kenyang, sehingga mencegah ngemil yang sebabkan perut buncit.

2. Batasi gulanya

Bagi pecinta makanan tentu perlu memperhatikan batasan gula agar tidak menyebabkan perut buncit. Meskipun jus kemasan diklaim sebagai jus buah asli, jus tersebut mengandung gula, rasa, dan warna dalam jumlah tinggi.

3. Penuhi cairan tubuh

Selain mengontrol asupan yang masuk, penuhi jumlah air minum tentu mampu mengeluarkan racun (detoksifikasi) dari dalam tubuh. Juga membantu Anda menurunkan berat badan, terutama di bagian tengah tubuh (Perut).

4. Jauhi makanan olahan

Bahan-bahan dalam makanan kemasan dan makanan ringan seringkali mengandung lemak trans. Belum lagi tambahan gula, dan tambahan garam atau natrium, tiga hal itu membuat sulit untuk menurunkan berat badan dan perut buncit.

5. Aktivitas fisik

Upaya untuk mengecilkan perut salah satu aktivitas fisik, seperti berjalan kaki. Sebab melaksanakan aktivitas fisik, jalan kaki santai selama 30 menit adalah ide yang bagus untuk meningkatkan metabolisme.

Juga bisa membakar beberapa inci dari lingkar pinggang anda. "Salah satu manfaat terbesar dari olahraga adalah Anda mendapatkan banyak keuntungan untuk komposisi tubuh," kata Kerry Stewart, Ed.D. , direktur Fisiologi Klinis dan Penelitian di Johns Hopkins.

Itulah beberapa cara mengecilkan perut buncit yang dapat Anda coba. Semoga bermanfaat.

(Mg/Fitri Arifah)

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut