get app
inews
Aa Read Next : 9 Tips Hadapi Cuaca Panas Ekstrem Ala Kemenkes

Sayangi Kesehatan Ginjalmu dengan 5 Tips Berikut Ini

Sabtu, 04 Februari 2023 | 09:51 WIB
header img
Menjaga kesehatan ginjal penting dilakukan sejak dini (Foto: Ilustrasi/GoMedii/SindoNews)

Semarang, iNewsSemarang.id- Tubuh dan segala organ di dalamnya adalah pemberian Tuhan yang wajib kita jaga, misalnya ginjal. Peran ginjal sangat vital untuk membuang sisa metabolisme, racun, dan garam dari tubuh. Oleh karenanya, memastikan agar ginjal tetap sehat menjadi tanggungjawab kita semua.

 Kontribusi ginjal lainnya bagi tubuh adalah mengatur kadar pH, garam, dan kalium. Ginjal menciptakan hormon yang fungsinya mengatur tekanan darah dan mengontrol produksi sel darah merah.

Ginjal berperan untuk mengaktifkan vitamin D, yang membantu tubuh anda menyerap kalsium pembentuk tulang dan mengatur fungsi otot.

Melihat pentingnya ginjal bagi tubuh manusia, sudah seharusnya kita menjaga aset berharga ini. Ginjal yang sehat akan optimal dalam memfilter, membuang limbah dan menghasilkan hormon tubuh. Di bawah ini rangkuman sejumlah tips menjaga kesehatan ginjal, simak ulasannya,

Sayangi  Kesehatan Ginjalmu  dengan 5 Tips Berikut Ini

1. Kurangi konsumsi makanan yang mengandung gula berlebih

Gula memang memiliki manfaat bagi tubuh, tapi mengonsumi makanan mengandung gula dalam skala besar bisa memicu kerusakan ginjal. Jika sel-sel tubuh anda tidak dapat menggunakan glukosa dalam darah anda, ginjal terpaksa harus bekerja lebih ekstra untuk menyaring darah. 

Apabila anda dapat mengontrol kadar gula darah, resiko kerusakan bisa dikurangi. Selain itu, jika anda menemukan gejala kerusakan, langsung hubungi dokter dan ambil langkah-langkah untuk meminimalisir atau mencegah kerusakan tambahan.

2. Perbanyak minum air putih

Mengutip dari Healthline, minum air sebanyak 8 liter sehari terdengar cukup berat, namun sejatinya penting untuk memenuhi cairan dalam tubuh. Sehingga tubuh terhidrasi dengan baik, asupan air yang cukup, membantu kondisi ginjal tetap sehat. Air membantu membersihkan natrium dan racun dari ginjal. Ini sekaligus menurunkan risiko penyakit ginjal kronis. Cobalah mengonsumsi air paling tidak 1,5 – 2 liter per hari. Banyaknya kebutuhan asupan air tergantung pada kesehatan dan gaya hidup. Faktor-faktos seperti iklim, olahraga, jenis kelamin, kesehatan, apakah hamil atau menyusui penting diketahui untuk merencanakan jumlah air minum.

3. Olahraga secara teratur

Resiko penyakit ginjal kronis dapat diminimalisir dengan olahraga rutin. Selain itu, bisa mengurangi tekanan darah dan mengingkatkan kesehatan jantung.  Tidak harus olahraga yang berat misalnya lari maraton untuk menuai hasilnya. Cukup berjalan, berlari, dan menari dinilai bagus untuk kesehatan tubuh. Temukan aktivitas yang membuat tubuh anda bergerak dan senang, sehingga anda lebih mudah melakukannya secara rutin dan memperoleh hasil optimal.

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut