get app
inews
Aa Read Next : Ganjar Pranowo Tawarkan 3 Solusi Kembalikan Independensi KPK, Apa Saja?

Fungsikan Tol Solo-Klaten, Ganjar : Jangan Kebut- kebutan

Senin, 10 April 2023 | 12:33 WIB
header img
Tol Solo Klaten akan difungsikan untuk mengurai kemacetan

SOLO, iNewsSemarang.Id– Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo akan membuka dan memfungsikan jalur tol seksi 1.1 Solo-Klaten di ruas Solo-Yogyakarta untuk mengurai potensi kemacetan pada masa mudik lebaran 2023. Ganjar meminta pemudik tidak kebut kebutan di jalur tersebut, karena sifatnya masih jalan fungsional.   

Ganjar mengungkapkan, jalur tol fungsional yang akan difungsionalkan sepanjang 6 kilometer (km). Saat ini kondisinya beres dan siap  difungsiokan. Alternatif jalur lebaran digunakan 1 arah dengan menggunakan 1 jalur 2 lajur dengan rencana kendaraan yang melintas dikhususkan untuk golongan I.

“Nantinya, jalur tol fungsional akan dibuka pukul 07.00 WIB - 17.00 WIB bisa dimanfaatkan sebagai jalan alternatif untuk menghindari potensi kemacetan,” tegasnya

Ganjar menegaskan, dalam proses pembangunan pihak kontraktor memang menjalankan pekerjaannya dengan sangat luar biasa ngebut. Pihaknya dan sejumlah menteri juga telah melakukan beberapa kali pengecekan untuk memastikan perkembangannya.

Meskipun masih sementara, jalur tol fungsional Solo-Klaten tetap akan dilengkapi berbagai fasilitas keamanan untuk pemudik. Salah satunya tolo-tolo yang akan menyala di kondisi gelap sebagai penanda jalan. Ganjar berpesan kepada para pemudik yang akan melintasi jalur ini agar berhati-hati saat berkendara. Jika mengantuk, mereka disarankan untuk rehat sejenak sampai kondisi tubuh segar kembali. Sebab karena jalurnya masih sementara, para pemudik nanti yang melewati jalur-jalur yang belum beres, yang sifatnya masih fungsional, diminta tidak memaksakan diri.

"Tidak usah ngebut, tapi insyaallah potensi-potensi kemacetan akan diurai dengan menggunakan jalan-jalan yang secara fungsional ini kita buka," pungkasnya.(HD)

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut