get app
inews
Aa Read Next : Antisipasi Kepadatan Arus Mudik, Polres Semarang Terapkan One Way Lokal

21,3 Juta Kendaraan Pemudik Masuk Jawa Tengah, Kondisi"Jalan 9 Persen Rusak

Selasa, 18 April 2023 | 10:30 WIB
header img
Sejumlah narasumber dalam dialog bertajuk Mudik Sehat dan Nyaman di Semarang, Senin (17/4) sore. Dok. Inews.id

Ketua Komisi D DPRD Jateng Alwin Basri mengatakan, sejauh ini persentase kondisi jalan rusak di Jawa Tengah ada 9 persen atau 200 km. Masih ada 1.219 km jalan dalam kondisi rusak sedang, selebihnya ada 965 km atau 40 persen kondisi masih bagus.

“Dari panjang jalan provinsi 2.400 km itu dengan masih ada kondisi kerusakan sedang kami berharap perlu segera ditangani. Patut pula jadi pengawasan jalan-jalan di daerah rawan bencana banjir dan longsor,” ujar Alwin.

“Kami juga telah meminta untuk pekerjaan jalan pada H-10 sudah harus selesai, termasuk jangan ada penumpukan material supaya tidak mengganggu kelancaran lalu lintas,” ujarnya.

Untuk kawasan Pantura timur seperti Pati-Rembang hingga Tuban, Komisi D sudah meminta Dinas PU Bina Marga Jateng dan Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR supaya memperhatikan secara serius perbaikan jalan di ruas Pati-Rembang. Sebelum H-10, juga meminta tidak ada pekerjaan di ruas jalan tersebut supaya tidak mengganggu arus mudik dan balik.

Sementara pengamat transportasi Djoko Setijowarno menyebut angka dari Balitbang Kemenhub agar disikapi secara serius. Rencana diperbolehkannya mudik tahun ini menjadikan dorongan untuk pulang kampung menjadi besar.

Dia khawatir masyarakat menggunakan segala cara termasuk mengabaikan faktor kesehatan agar bisa ke kampung halaman. Namun mudik gratis diadakan kembali oleh Pemprov Jateng supaya tidak lagi melakukan pengumpulan massa di satu lokasi.

“Sejumlah terminal di Jakarta, sekarang ini kondisi sudah representatif, terlebih bisa untuk memecah kerumunan. Juga patut menjadi perhatian dalam arus mudik nanti yakni penguatan sinyal telepon seluler baik di jalur tol maupun jalan nasional dan provinsi,” kata Joko.

“Supaya masyarakat saat membutuhkan bantuan bisa cepat tertangani. Jangan sampai ada gangguan di lapangan, masyarakat tidak bisa menelepon gara-gara tidak ada sinyal,” ujarnya.

Editor : Sulhanudin Attar

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut