get app
inews
Aa Read Next : Ganjar Pranowo Tawarkan 3 Solusi Kembalikan Independensi KPK, Apa Saja?

Profil Istana Batu Tulis, Tempat Mega Umumkan Ganjar Pranowo Jadi Capres PDIP

Jum'at, 21 April 2023 | 12:30 WIB
header img
Suasana di depan Istana Batu Tulis, Kota Bogor tempat Ganjar Pranowo akan diumumkan menjadi Capres 2024. (foto: MPI)

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dikabarkan akan mengumumkan nama Calon Presiden (Capres) 2024, Jumat (21/4/2023) siang ini. Pengumuman tersebut akan disampaikan di tempat bersejarah Istana Batu Tulis, Bogor, Jawa Barat.

Dari informasi yang dihimpun, nama Ganjar Pranowo telah mendapat restu dari Megawati untuk diusung sebagai Capres 2024 saat rapat di Istana Batu Tulis, Bogor pada Kamis (20/4/2023). Pengumuman ini juga akan disiarkan melalui platform media sosial dan kanal saluran digital PDIP.

Diketahui, Istana Batu Tulis yang dipilih sebagai lokasi pengumuman ini merupakan tempat bersejarah yang menjadi saksi bisu perjalanan Indonesia. Istana ini juga menjadi tempat peristirahatan yang paling disukai Presiden Soekarno.

Dulunya di zaman orde baru, tempat ini pernah menjadi wisata sejarah untuk dikunjungi. Pengunjung bisa melihat prasasti tertua yang menyimpan banyak sejarah. Namun sejak masa pemerintahan Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, istana tidak lagi dapat dikunjungi masyarakat, hanya orang-orang tertentu yang dapat masuk ke istana.

Megawati salah satunya. Dia sering datang ke Istana Batu Tulis, bahkan kerap menjadikan tempat ini untuk membicarakan persoalan politik.

Megawati dan Jokowi dikabarkan rutin mengunjungi Istana Batu Tulis untuk membahas permasalahan nasional maupun internasional.

Suasana Istana Batu Tulis yang tenang dan sejuk serta penampilan arsitektur Nusantara membuat tempat ini nyaman untuk berdiskusi. Pemandangan di sekitar istana juga sangat asri dengan pohon dan tanaman bunga. 

Istana Batu Tulis dibangun pada 1704 yang didirikan berkaitan dengan Gunung Salak ketika meletus pada 1699. Untuk menunjukan masih ada kehidupan di Bogor dan Gunung Salak aman, maka Van Riebeeck, seorang vulkanologi membangun sebuah istana.

Lokasi Istana Batu Tulis tepat berada di Jalan Batu Tulis, Kelurahan Batutulis, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor.

Istana ini memiliki empat bagian, satu bangunan utama dan tiga bangunan kecil. Di lahan seluas 3,8 hektare ini juga terdapat kolam ikan, patung wanita tanpa busana berdiri di pinggir kolam. Lalu, tak jauh dari kolam terdapat patung rusa tutul.

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut