get app
inews
Aa Read Next : Tegaskan Lewat Surat Pernyataan, Dedy Nyatakan Siap Maju Pileg 2024

Daftarkan Bacaleg Naik Becak, Parpol Pendatang Baru Ini Optimistis Raih 6 Kursi di DPRD Kendal

Minggu, 14 Mei 2023 | 21:19 WIB
header img
Partai Ummat mendaftarkan Bacaleg naik becak.(iNews/Agus)

KENDAL, iNewsSemarang.id - Sebagai pendatang baru di dunia perpolitikan Indonesia, Partai Ummat menjadi salah satu kontestan yang akan berlaga di Pemilu 2024. 

Di Kendal, partai besutan politikus senior Muhammad Amien Rais ikut berkontestasi dengan mendaftarkan Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) ke Kantor KPUD Kendal

Kedatangan rombongan Partai Ummat ke KPU dilakukan dengan mengendarai becak. Mereka datang di hari terakhir pendaftaran, tepatnya, Minggu (14/5/2023).

Ketua DPD Partai Ummat, Joko Kartono mengatakan, kedatangannya ke kantor KPUD Kendal dilakukan untuk mendaftarkan 15 Bacaleg DPRD Kendal.

"Sebagai pendatang baru, Partai Ummat hanya mendaftarkan 15 Bacaleg. Mereka akan bertarung di 6 dapil yang ada di Kabupaten Kendal," kata Joko Kartono.

Komposisi dari Bacaleg yang diajukan lebih dari 30 persennya adalah perempuan. Dari 15 Bacaleg tersebut, kuota perempuan di Partai Ummat ada tujuh. Sedangkan lainnya adalah Bacaleg laki-laki.

Dikatakan Joko, meski partai umat adalah wajah baru di dunia perpolitikan, namun dia mengklaim partai ini berisikan politisi-politisi lama yang ada di Kabupaten Kendal. Dengan demikian, lanjutnya, pihaknya mudah sekali untuk memetakan dapil yang bisa menghasilkan kursi bagi partainya.

Sementara itu, Ketua KPUD Kendal Hevy Indah Oktaria mengatakan, berkas dan data yang diupload Partai Ummat di Silon, setelah dilakukan pemeriksaan dinyatakan lengkap dan diterima.

"Setelah tahapan ini berakhir, kami akan segera melakukan verifikasi administrasi terhadap berkas yang diajukan untuk mengetahui keabsahan dari berkas tersebut," kata Hevy.

 

Editor : Agus Riyadi

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut