get app
inews
Aa Read Next : Jadwal Imsakiyah Kota Semarang Hari ini Rabu 5 April 2023

Perkemahan Wirakarya Nasional, Kemah Mahasiswa Berbasis Keagamaan

Sabtu, 20 Mei 2023 | 20:42 WIB
header img
Pelepasan kontingen Jawa Tengah untuk mengikuti Perkemahan Wirakarya Nasional (PWN) 2021 di Jambi. Foto: dok. Humas Pemprov Jateng

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Kementerian Agama RI melalui Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis), Direktorat Jenderal Pendidikan Islam akan menggelar Perkemahan Wirakarya Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan (PWN-PTK), pada 22-27 Mei 2023 di Bumi Perkemahan IAIN Sultan Amai Gorontalo.

Kurang lebih 1000 orang pramuka pandega dari PTK se-Indonesia akan hadir, dengan didampingi oleh Bindamping dan Pimpinan Kontingen. 68 PTK dan 58 diantaranya adalah PTKIN juga menjadi aktor penting bagaimana perkemahan ala mahasiswa ini sukses di gelar untuk kali yang ke 16 yang di gelar setiap dua tahun sekali. Bahkan ada 4 MAN akan ikut ambil bagian dalam even ini.

Saya sendiri mulai berikutserta sejak PWN PTK ke 13 di IAIN Kendari, PWN PTK ke 14 di UIN Sultan Kasim Riau dan terakhir pada saat Pandemi Covid-19 di gelar PWN PTK ke 15 di UIN Raden Fatah Palembang pada tahun 2021. 

PWN yang khas untuk kelompok mahasiswa dari kalangan kampus keagamaan ini, telah konsisten di gelar oleh Kemenag. Piranti untuk menguatkan nilai-nilai kebangsaan, menajamkan kreativitas, daya inovasi, seni-budaya, sekaligus berbasis penanaman nilai-nilai keagamaan yang moderat.

Dua Nilai

Perkemahan ala mahasiswa keagamaan ini diselenggarakan untuk menggabungkan dua nilai dan tradisi. Nilai dan tradisi kepramukaan di satu sisi dan nilai dan tradisi perguruan tinggi keagamaan keagamaan di sisi yang lain. Tentu dibangun dengan basis pengetahuan (knowledge) keduanya yang saling berhubungan.

Kita dapat meyakini antara nilai keagamaan dan nilai kepramukaan tidak bertentangan, bahkan saling mengisi dan menguatkan. Para orang tua yang ingin melepas putra-puterinya berkemah, mempunyai harapan besar agar mereka tumbuh mengalami pengalaman baru berkemah dengan semangat religiusitas yang kuat.

Tri satya yang dirumuskan dan menjadi cara pandang dan perilaku anggota gerakan pramuka bermuatan dua nilai yang sangat kuat, yaitu komitmen keagamaan dan kebangsaan. Pertama, menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan mengamalkan Pancasila; Kedua, menolong sesama hidup dan mempersiapkan diri membangun masyarakat; Ketiga, menepati Dasa Dharma.

Apalagi digabungkan dengan dasa dharma pramuka, sebagai 10 komitmen penting bagi insan gerakan pramuka: (1). Takwa kepada Tuhan yang Maha Esa; (2). Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia; (3). Patriot yang sopan dan kesatria; (4). Patuh dan suka bermusyawarah; (5). Rela menolong dan tabah; (6). Rajin, terampil dan gembira; (7). Hemat, cermat dan bersahaja; (8). Disiplin, berani dan setia; (9). Bertanggung jawab dan dapat dipercaya; (10). Suci dalam pikiran, perkataan maupun perbuatan.

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut