Logo Network
Network

Tingkatkan Ekonomi Daerah, Pemkot Semarang Akan Operasikan Pasar Johar Sampai Malam

Antara
.
Kamis, 25 Mei 2023 | 08:37 WIB
Tingkatkan Ekonomi Daerah, Pemkot Semarang Akan Operasikan Pasar Johar Sampai Malam
Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang Fajar Purwoto. Foto: ANTARA/Zuhdiar Laeis.

SEMARANG, iNewsSemarang.id - Pemerintah Kota Semarang melalui Dinas Perdagangan berencana memperpanjang jam operasional Pasar Johar hingga malam hari. Kebijakan operasional Pasar Johar dengan jam lebih lama diharapkan dapat melayani lebih banyak masyarakat dan meningkatkan perekonomian daerah.

"Bukan masalah pendatang. Tetapi memberi waktu, kelonggaran pedagang supaya bisa melayani pembeli," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disdag Kota Semarang, Fajar Purwoto, Rabu (24/5/2023). 

Menurut dia, banyak masyarakat yang tinggal di sekitar kawasan Pasar Johar yang bekerja sebagai buruh pabrik yang baru pulang sore hari, sehingga nantinya bisa terlayani jika pasar buka hingga malam hari.

Selama ini, jam operasional Pasar Johar Semarang pukul 08.00-17.00 WIB. Dengan kebijakan perpanjangan, jam operasional akan dibuka hingga pukul 21.00 WIB.

Untuk operasional lantai dasar, Pasar Johar Tengah, Utara, dan Shopping Centre Johar (SCJ) dimulai pukul 08.00-21.00 WIB. Sedangkan Pasar Kanjengan dan Pasar Johar Selatan pukul 02.00-21.00 WIB.

"Mulai pukul 02.00 WIB, karena mereka ini pedagang khusus bumbu sama sayur, termasuk grosir yang mulai jualannya malam sampai pagi. Kami libatkan juga sampai pukul 21.00 WIB," katanya.

Menurut dia, dari diskusi dengan Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu juga menghendaki Pasar Johar bisa buka sampai malam hari karena sebagai pasar sentral mulai Juni 2023. 

"Adapun untuk retribusi masih tetap sama. Ada yang Rp750 per meter, ada yang Rp950 per meter," katanya. 

Follow Berita iNews Semarang di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.