get app
inews
Aa Read Next : Startup Banyak PHK Karyawan, Efek Bakar Duit?

Daftar Startup Unicorn di Indonesia, Ada yang Valuasinya Tembus Rp303 Triliun

Jum'at, 26 Mei 2023 | 19:32 WIB
header img
Daftar Startup Unicorn di Indonesia. Foto: Instagram J&T

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Startup merupakan perusahaan rintisan yang baru berjalan atau belum lama beroperasi dan terus mengembangkan pangsa pasarnya. Tren perkembangan startup di Indonesia terus menunjukkan kenaikan hingga terdapat sejumlah startup yang sukses menyandang gelar unicorn, yakni perusahaan dengan nilai valuasi melampaui US$1 miliar atau sekitar Rp14,3 triliun.

Di Indonesia, perkembangan startup hingga saat ini juga sedang sangat gencar persaingannya. Terlebih dengan adanya dukungan pemerintah yang menargetkan 1000 startup baru yang harus tumbuh. 

Dari sekian banyaknya unicorn yang ada di seluruh dunia, terdapat sejumlah Startup Indonesia yang masuk dalam daftarnya.

Berikut daftar startup unicorn Indonesia dan rinciannya. 

1. J&T Express 

J&T Express merupakan perusahaan bergerak di bidang logistik yang didirikan pada tahun 2015. Perusahaan yang satu ini baru-baru ini masuk dalam daftar unicorn versi CB insight. Berdasarkan data dari CBinsight saat ini Traveloka telah memiliki valuasi sebesar USD20 miliar atau setara dengan Rp 303 triliun. 

2. Traveloka 

Traveloka adalah perusahaan yang bergerak di bidang travel dan pemesanan hotel. Perusahaan ini telah mendapatkan title unicorn pada tahun 2017 lalu karena adanya kucuran dana dari investor Amerika sebesar USD350 juta. Berdasarkan data dari CBinsight saat ini Traveloka telah memiliki valuasi sebesar USD3 miliar atau setara dengan Rp 45 triliun. 

3. Akulaku 

Akulaku didirikan pada tahun 2014. Perusahaan ini bergerak di bidang keuangan dan teknologi yang memberikan layanan pembiayaan. Berdasarkan data CBinsight, Akulaku saat ini memiliki nilai nilai valuasi sebesar USD2 miliar atau setara dengan Rp 28 triliun. 

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut