get app
inews
Aa Read Next : Tol Semarang-Demak Akan Dijual ke INA dan Investor China

Startup Banyak PHK Karyawan, Efek Bakar Duit?

Selasa, 31 Mei 2022 | 18:22 WIB
header img
ilustrasi uang. (foto: pixabay)

JAKARTA. iNewsSemarang.id - Heboh Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) besar-besaran pada beberapa startup d Indonesia, praktisi dan konsultan marketing Inventure Yuswohady mengatakan, PHK yang dilakukan beberapa perusahaan startup belakangan merupakan bentuk rasionalisasi. 

Startup merupakan perusahaan bisa dibilang tidak natural perkembangan, karena dengan sangat cepat mengandalkan suntikan dana investor.

"Namanya sesuatu dipercepat maka risikonya juga besar, makanya perusahaan yang baru ini seperti startup, proses membesarnya cepat sekali melalui suntikan dana yang begitu besar," ujarnya kepada MNC Portal, Selasa (31/5/2022).

"Sampai bakar duit untuk mengumpulkan customer, jadi itu sebetulnya tidak natural malah terkesan dipaksakan, tetapi bukan berarti tidak ada yah tidak berhasil, karena banyak juga," sambungnya.

Yuswohady menjelaskan ketika suntikan dana itu tidak selancar sebelumnya, maka mereka mulai melakukan rasionalisasi, atau bisa dibilang para perusahaan startup ini mulai mencari cara untuk mendapatkan keuntungan operasional.

Editor : Moh.Miftahul Arief

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut