get app
inews
Aa Read Next : Napi Korupsi Mardani H Maming Tepergok Jalan-jalan ke Surabaya Tanpa Pengawalan, Kok Bisa?

Dirjen Pas Resmikan Tugu Pipas Nusakambangan

Senin, 24 Juli 2023 | 09:51 WIB
header img
Peresmian Tugu Pipas di Pulau Nusakambangan, Kabupaten Cilacap, Minggu (23/7/2023). Foto: Dok

CILACAP, iNewsSemarang.id - Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen Pas) Kemenkumham Reynhard Silitonga meresmikan Tugu Pipas di Nusakambangan, Cilacap, Minggu (23/7/2023). Tugu ini dibangun untuk merawat eksistensi Paguyuban Ibu-Ibu Pemasyarakatan (Pipas). 

Tugu tersebut dibangun di halaman depan Komplek Rumah Khusus Nusakambangan. Tingginya sekira 5 meter. Reynhard mengawalinya dengan penandatanganan prasasti. 

 "Tugu ini merupakan simbol eksistensi Pipas. Sebuah prasasti pengingat bagi kita semua, khususnya anggota Pipas," ungkap Penasihat Utama Pipas Anna Reynhard saat memberi sambutan.

"Kita mempunyai tugas untuk membesarkan, meningkatkan, pemberdayaan anggota Pipas bagi kemajuan pemasyarakatan," sambungnya.

Anna juga mengatakan, Pipas telah menjadi bagian dari Pemasyarakatan. Kontribusi Pipas dengan berbagai aktivitasnya benar-benar berhasil mendukung kinerja petugas pemasyarakatan.

"Saat ini, Pipas merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pemasyarakatan," kata Anna.

Senada dengan sang istri, Reynhard mengatakan eksistensi Pipas dengan segala kiprah, aktivitas dan sepak terjangnya layak mendapatkan mendapatkan pengakuan dan apresiasi. 

"Pembangunan Tugu Pipas ini merupakan penghargaan sekaligus pengakuan atas peran Pipas yang begitu krusial," ujarnya.

Ia pun berpesan kepada Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang hadir untuk selalu menghargai dan mengangkat derajat para Istri. Karena menurutnya, di balik karir seorang suami terdapat andil seorang istri di belakangnya.

"Selalu hormatilah istrimu, mungkin saja Bapak-Bapak sekalian tidak dapat menjadi Kalapas tanpa bantuan dan support dari istri," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Divisi Pemasyarakatan Supriyanto menyebutkan, penentuan Nusakambangan sebagai lokasi pembangunan Tugu Pipas merupakan pilihan yang tepat dan memiliki filosofi yang penting bagi anggota Pipas di seluruh Indonesia.

"Ini dapat membesarkan hati ibu-ibu Pipas yang ada di seluruh Indonesia, karena Nusakambangan merupakan kiblat pemasyarakatan di Indonesia," tuturnya.

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut