get app
inews
Aa Read Next : Progres Pembangunan IKN Capai 71 Persen, Siap Gelar Upacara HUT Kemerdekaan RI

Ini Alasan Nusantara Dipilih Jadi Nama Ibu Kota Baru

Senin, 17 Januari 2022 | 16:04 WIB
header img
Desain Istana Kepresidenan di Ibu Kota Negara (IKN) yang baru. Dok. Istimewa

JAKARTA, iNews.id – Pemerintah secara resmi telah mengumumkan Ibu Kota Negara (IKN) pengganti Jakarta bernama Nusantara. Nama ibuko ta baru yang berlokasi di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, dipilih karena beberapa pertimbangan dan kajian mendalam.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengatakan, alasan dipilihnya nama Nusantara sebagai nama IKN karena nama itu sudah dikenal dunia internasional sejak dulu. Selain itu, nama Nusantara mudah diingat dan menggambarkan kenusantaraan bangsa Indonesia.

"Saya yakin kita semua setuju dengan istilah Nusantara ini," ujar Suharso dalam rapat dengan Panitia Khusus (Pansus) RUU IKN DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (17/1).

Dalam pemilihan nama untuk IKN baru, pihaknya mengaku telah memanggil ahli bahasa, ahli sejarah, dan sejumlah pakar lainnya. Menurutnya para pakar itu memiliki otoritas pengetahuan untuk memilih nama yang paling tepat.

Suharso sebelumnya menyampaikan dirinya mendapatkan kabar nama baru IKN itu langsung dari Presiden Jokowi pada Jumat (14/1/2022).  

Dalam kesempatan tersebut, Panja RUU IKN Ahmad Doli Kurnia meminta menyiapkan penjelasan dari penamaan Nusantara. "Saya juga meminta pemerintah menyiapkan penjelasan agar Pasal 1 ini tidak multitafsir. Saya menilai IKN adalah statusnya namun namanya Nusantara," katanya.

Editor : Sulhanudin Attar

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut