get app
inews
Aa Read Next : Sang Saka Merah Putih dan Air Mata Fatmawati, Kisah Mengharukan di Balik Jahitan Suci

10 Negara Pertama yang Mengakui Kemerdekaan Indonesia

Kamis, 17 Agustus 2023 | 12:05 WIB
header img
Presiden Soekarno memproklamasikan kemerdekaan pada 17 Agustus 1945 (Foto: Kemendikbud)

6. India

Pada tanggal 2 September 1946, Perdana Menteri India Jawaharlal Nehru mengakui kemerdekaan Indonesia. India juga mendukung Indonesia di forum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dengan mengajukan isu Indonesia dan Belanda ke Dewan Keamanan PBB pada tanggal 31 Juli 1947.

7. Afghanistan

Afghanistan memberikan pengakuan kemerdekaan Indonesia pada tanggal 23 September 1947. Hubungan diplomatik antara Indonesia dan Afghanistan dimulai pada tanggal 24 April 1955 melalui penandatanganan Treaty of Friendship di Bandung. Representasi Indonesia didirikan di Kabul, Afghanistan pada tanggal 20 September 1949.

8. Arab Saudi

Arab Saudi memberikan pengakuan kemerdekaan Indonesia pada bulan November 1947. Hubungan bilateral Indonesia dan Arab Saudi dimulai sejak Mei 1950 dengan pembukaan perwakilan Indonesia di Jeddah. Lebih dari 40 perjanjian bilateral telah ditandatangani antara kedua negara sejak tahun 1950.

9. Yaman

Pada tanggal 3 Mei 1948, Yaman mengakui kemerdekaan Indonesia melalui wakilnya di Liga Arab di Kairo. Hubungan baik antara Indonesia dan Yaman diperkuat oleh partisipasi Yaman dalam Konferensi Asia Afrika di Bandung pada tahun 1955.

10. Turki

Pada tanggal 29 Desember 1949, Turki mengakui kemerdekaan Indonesia. Hubungan diplomatik semakin erat dengan pendirian kedutaan besar Turki di Jakarta pada bulan April 1957. Sejumlah perjanjian bilateral antara Indonesia dan Turki juga telah ditandatangani untuk meningkatkan kerja sama ekonomi dan budaya.

Pengakuan dari negara-negara ini tidak hanya menjadi bukti solidaritas internasional terhadap perjuangan Indonesia, tetapi juga membantu mengukuhkan posisi Indonesia sebagai negara merdeka dan berdaulat di mata dunia. Melalui hubungan diplomatik dan kerja sama bilateral, Indonesia berhasil memperkuat kedaulatannya serta menjalin relasi yang kuat dengan negara-negara tersebut.

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut