get app
inews
Aa Read Next : Ganjar Pranowo Tawarkan 3 Solusi Kembalikan Independensi KPK, Apa Saja?

Atasi Kebakaran Gunung Sumbing, Ganjar Koordinasi BNPB Minta Bantuan Heli

Minggu, 03 September 2023 | 11:20 WIB
header img
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo

SEMARANG, iNewsSemarang.id - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo gerak cepat dalam penanganan kebakaran yang melanda lereng Gunung Sumbing. Selain sudah mengerahkan personel, Ganjar juga telah berkoordinasi dengan BNPB untuk meminta bantuan helikopter pengebom air (helikopter water bombing) untuk mempercepat pemadaman.

"Sekarang lagi ditangani. Kita sudah koordinasi dengan Kapolda dan BNPB untuk minta helikopter dari Aceh," kata Ganjar ditemui usai deklarasi Pemilu Damai di Simpang Lima Semarang, Minggu (3/9/2023).

Dari koordinasi itu, BNPB berencana mengirimkan helikopter pada Senin (4/9/2023). Saat ini, helikopter water bombing BNPB masih diperbantukan untuk penanganan kebakaran di wilayah Aceh.

"Beberapa titik di Indonesia memang sedang kebakaran. Sehingga helikopternya baru dikirim tanggal 4 September," jelasnya.

Meski begitu, lanjut Ganjar, tim sudah turun dan sudah meninjau lokasi kebakaran.

"Sudah turun, tinggal mempercepat (pemadaman) saja," ucapnya.

Seperti diketahui, kebakaran melanda lereng Sumbing sejak Jumat (1/9/2023) petang. Kebakaran terus meluas dan melahap kawasan hutan di sana.

Upaya penanganan sudah dilakukan. Sebanyak 1.056 personel gabungan sudah diterjunkan ke lokasi untuk penanganan. Sejumlah pendaki juga sudah berhasil dievakuasi.

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut