get app
inews
Aa Read Next : Open House 2 Hari, Rumah Dinas Bupati Dico Dibanjiri Warga

Telan Anggaran Rp3,1 Miliar, Pasar Desa Brangsong Bakal Tampung 156 Pedagang

Kamis, 21 September 2023 | 15:06 WIB
header img
Bupati Kendal Dico M Ganinduto didampingi Ketua DPRD Kendal Muhammad Makmun (kanan) dan Kades Brangsong Moch Asnawi (kiri) saat meresmikan Pasar Desa Brangsong.(iNews/Agus)

KENDAL, iNewsSemarang.id - Pasar Desa Brangsong yang terletak di Jalan Soekarno Hatta Brangsong Kendal hari ini, Kamis 21 September 2023 diresmikan Bupati Kendal Dico M Ganinduto bersama Ketua DPRD Kendal Muhammad Makmun. Proses pembangunan pasar tersebut menelan anggaran sebesar Rp3,1 miliar.

Kepala Desa (Kades) Brangsong, Moch Asnawi mengatakan, pasar yang berdiri di lahan yang luasnya kurang lebih 1.000 meter persegi bakal ditempati 156 pedagang.

"Pasar desa ini jumlah losnya ada 120 dan jumlah kiosnya ada 36," kata Asnawi.

Dijelaskan dia, proses pembangunan Pasar Desa Brangsong setidaknya menelan biaya hingga Rp3,1 miliar. Anggaran tersebut bersumber dari iuran para pedagang sebesar Rp2,6 miliar dan sisanya yang Rp500 juta bersumber dari Dana Desa.

Sementara itu, Bupati Kendal Dico M Ganinduto usai meresmikan pasar mengaku sangat senang dengan keberhasilan Pemdes Brangsong membangun pasar desa.

Menurut Dico, terbangunnya Pasar Desa Brangsong menunjukkan kolaborasi yang baik, antara Pemerintah Kabupaten Kendal, Pemerintah Desa dan masyarakat, sehingga bisa berdampak baik pada peningkatan ekonomi masyarakat.

"Kolaborasi membangun kembali Pasar Brangsong ini bisa menjadi contoh bagi desa-desa lainnya dalam menghadapi persoalan-persoalan yang terjadi di desanya masing-masing," katanya.

Dico menyebut, pasar ini merupakan upaya untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, sehingga dengan adanya pasar baru dengan fasilitas yang lebih baik, akan menjadi pertumbuhan ekonomi baru yang bisa lebih mensejahterakan masyarakat Desa Brangsong.

Dico juga mengimbau kepada para pedagang dan masyarakat, agar kebersihan pasar dan kenyamanannya benar-benar bisa dijaga dengan baik, karena hal itu sangat penting dalam persaingan perdagangan.

Editor : Agus Riyadi

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut