get app
inews
Aa Read Next : Gempa Bumi M4,8 Guncang Bayah Banten

BMKG Prediksi Suhu 40 Derajat Celcius Masih Berpotensi Landa Indonesia

Senin, 02 Oktober 2023 | 15:35 WIB
header img
BMKG ungkap potensi suhu 40 derajat Celsius terjadi di wilayah Indonesia. (Ilustrasi/Freepik)

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan rata-rata suhu harian per 1 Oktober pukul 07.00 WIB hingga 2 Oktober pukul 07.00 WIB, suhu tertinggi mencapai 36,6 derajat Celsius. Cuaca panas terik itu masih akan melanda sejumlah wilayah Indonesia.

“Kalau dari tanggal 29 September pukul 7 pagi hingga 30 September, itu tercatat suhu tertinggi mencapai 38 ya. Beberapa hari yang lalu selama 2 hari terakhir ini suhu tertinggi mencapai 36,6 derajat Celsius. Jadi ada sedikit penurunan ya,” ucap Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, dalam keterangannya, Senin (2/10/2023).

Dari laporan BMKG, suhu tertinggi dalam 2 hari terakhir ini terpantau di Stasiun Klimatologi Jawa Tengah yang mencapai 36,6 derajat Celsius, Stasiun Klimatologi Sumatera Selatan 36,4 derajat Celsius, Stasiun Meteorologi Kertajati 36,3 derajat Celsius, Stasiun Meteorologi Maritim Tanjung Emas 36,3 derajat Celsius, dan di Stasiun Meteorologi H As Hanandjoeddin 36,3 derajat Celsius.

Sementara itu, Dwikorita mengatakan, pihaknya memprediksi suhu udara hingga 40 derajat Celsius masih bisa terjadi di beberapa wilayah Indonesia, misalnya di Stasiun Karel Satsuit Tubun di Kabupaten Maluku Tenggara.

“Kami memprediksi sebetulnya masih memungkinkan mencapai suhu 40 derajat Celsius di beberapa wilayah Indonesia misalnya di Stasiun Karel Satsuit Tubun di Kabupaten Maluku Tenggara. Jadi, meskipun hari ini mulai menurun, namun potensinya bisa sampai 40 derajat Celsius,” kata Dwikorita.

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut