get app
inews
Aa Read Next : Daftar 10 Politeknik Terbaik di Indonesia Versi Webometrics 2024, Polines Rangking Berapa?

Mahasiswi Cantik Lulus IPK 3,98 Viral, Jadi Wisudawan Terdisiplin Tak Pernah Bolos Kuliah

Selasa, 03 Oktober 2023 | 09:25 WIB
header img
Aissya Embun Setyasih, seorang mahasiswi lulusan Politeknik Negeri Semarang (Polines), menjadi viral di media sosial. Embun lulus dengan nilai IPK 3,98. Foto: [email protected]

SEMARANG, iNews.id - Aissya Embun Setyasih, seorang mahasiswi lulusan Politeknik Negeri Semarang (Polines), menjadi viral di media sosial. Embun lulus dengan nilai IPK 3,98. Yang menarik, Embun mendapat predikat lulusan terdisiplin karena tidak pernah bolos.

"Mahasiswi jurusan Teknik Elektro ini menjadi lulusan terdisiplin pada wisuda ke-52 Polines. Alpha 0, Izin 0, Sakit 0. IPK-nya 3,98," tulis akun Instagram @undercover.id.

"Dinyatakan sebagai lulusan dengan ketidakhadiran terendah. Data Alpha nol jam, Izin nol jam, sakit nol jam," kata dosen dalam video tersebut.

"Dari program studi Teknik Informatika Jurusan Teknik Elektro dengan IPK 3,98. Kami mengucapkan selamat kepada Aissya Embun Setyasih atas kerja keras, perjuangan, dan keberhasilannya," tambah dosen tersebut.

Ketika namanya dipanggil, Embun berdiri dengan senyuman. Ternyata, dia juga tidak menyangka akan menjadi salah satu mahasiswa dengan lulusan terbaik.

Untuk diketahui, Polines telah menggelar Wisuda ke-52. Pada momen yang dinanti oleh setiap mahasiswa, Polines memberikan predikat Lulusan Terdisiplin kepada Aissya Embun Setyasih.

Mahasiswi D3 ini juga mendapatkan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) hampir sempurna, yaitu 3,98.

Predikat Lulusan Terdisiplin di Polines berarti mahasiswa memiliki jumlah ketidakhadiran terendah, tanpa unsur alpa, dan memperoleh IPK tertinggi di antara mereka yang memiliki ketidakhadiran terendah.

"Yang pertama, saya merasa bangga dan senang karena tidak pernah menyangka. Saya baru tahu saat gladi bersih kemarin, jadi saya agak terkejut," katanya, seperti yang dikutip dari laman Polines pada Selasa (3/10).

Sejak pertama kali masuk Polines, dia mengaku tidak memiliki ambisi atau pengetahuan tentang penghargaan seperti ini bagi lulusan.

Tidak hanya itu, Embun tidak pernah menyangka bahwa pada akhir masa perkuliahannya, IPK-nya akan mendekati sempurna.

"Sebenarnya, jika bicara tentang diri saya, saya hanya fokus pada belajar saja (untuk mencapai IPK tersebut). Ada mata kuliah yang menurut saya sulit, ada yang mudah. Saya sebenarnya tidak pernah menyangka bisa mendapatkan nilai seperti itu, tetapi saya tetap bersyukur atas hasil yang baik ini," ujar Embun.

Meskipun memiliki IPK hampir sempurna, wisudawati asal Sragen ini mengaku tidak hanya fokus pada pendidikan saja, melainkan juga tetap mengikuti kegiatan di luar perkuliahannya.

"Di Politeknik Negeri Semarang ini, kita juga diharapkan memiliki keterampilan dalam organisasi. Saya kebetulan terlibat dalam organisasi daerah (Orda) dan menjabat sebagai bendahara umum. Jadi, meskipun saya sangat fokus pada perkuliahan, tetapi saya juga tetap menjalankan kegiatan organisasi," katanya.
 

Editor : Sazili MustofaEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut