get app
inews
Aa Read Next : Suporter Panser Biru Geruduk Latihan Tim PSIS di Lapangan Wisesa Mranggen, Ada Apa?

Pilkades di Desa Kembangan Demak Ricuh, Sempat Diwarnai Adu Jotos

Minggu, 08 Oktober 2023 | 18:14 WIB
header img
Ilustrasi kericuhan Pilkades di Desa Kembangan Demak. (Foto: Okezone)

DEMAK, iNewsSemarang.id - Kericuhan terjadi dalam proses pemungutan suara Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Desa Kembangan, Kecamatan Bonang, Kabupaten Demak, Minggu (8/10). 

Dari informasi yang diterima iNews, antrean pencoblosan mendadak ricuh. Amuk warga antar calon pendukung hingga berujung pada aksi adu jodos dan pelemparan batu.

Peristiwa itu diduga dipicu adanya pendukung yang mengenakan kaus atribut salah satu calon kades saat acara pencoblosan berlangsung.

Beberapa warga bahkan berteriak meminta aksi brutal kedua kubu segera dihentikan. Beruntung petugas segera memisahkan massa kedua ke tempat terpisah.

Dari keterangan petugas, aksi perkelahian dua kubu dipicu salah satu kubu memakai atribut kaus saat akan mencoblos ke TPS. Karena tidak rela ditegur atas larangan pakai atribut, mereka pun terlibat perkelahian. 

Namun kericuhan terjadi justru di lokasi antrean TPS. Pilkades Desa Kembangan hanya diikuti oleh dua calon yaitu Suhardi dan Muhamad Shodiq Almubaro.

"Demi antisipasi keamanan. Sejumlah DPT 2.812 hak pilih mencoblos di 5 TPS yang berada di halaman Balai Desa Kembangan,"  ucap Ketua Panitia Pilkades Kembangan, Muzani Ali Sodikin dikutip dari iNewsJateng.id.

Diketahui jika Desa Kembangan termasuk wilayah rawan pelaksanaan Pilkades. Oleh sebab itu, petugas menutup jalan dengan bambu agar kedua kubu tidak bertemu.

Kapolsek Bonang AKP Margono menuturkan, dalam peristiwa tersebut tidak ada korban jiwa. Petugas juga berjaga di lokasi untuk mengantisipasi kericuhan.

"Tidak ada korban jiwa dalam kericuhan Pilkades Kembangan, hanya beberapa warga yang luka ringan akibat terkena lemparan batu. Petugas TNI Polri terus mengawal keamanan pelaksanaan Pilkades," ucapnya.

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut