Logo Network
Network

Penyakit Jantung Bisa Serang Anak Muda, Kenali Penyebabnya!

Tim iNews.id
.
Selasa, 25 Januari 2022 | 15:33 WIB
Penyakit Jantung Bisa Serang Anak Muda, Kenali Penyebabnya!
Masalah pada jantung bisa menyerang kaum muda. Foto: IST

iNews.id – Meninggalnya Maura Magnalia, putri Nurul Arifin, akibat serangan jantung, membuat sebagian orang heran. Bagaimana bisa Maura yang masih muda, usia 28 tahun, meninggal karena infark miokardial atau kondisi terhentinya aliran darah.

 

Jadi serangan jantung ini rupanya tidak hanya menyerang lansia. Namun bisa juga menyerang kaum muda. Mengambil hikmah dari meninggalnya Maura, alangkah baiknya untuk menjaga pola hidup sejak dini.

Dilansir dari Medline Plus, kolesterol adalah zat seperti lilin yang bentuknya menyerupai lemak dan ditemukan di semua sel dalam tubuh manusia. Kolesterol dapat diperoleh pada hati dan juga dalam beberapa produk makanan lainnya seperti daging dan produk susu.

Perlu diketahui bahwa tubuh membutuhkan sejumlah kolesterol agar dapat bekerja dengan baik. Tetapi jika anak atau remaja memiliki kolesterol tinggi atau terlalu banyak kolesterol dalam darah, maka mereka berisiko lebih tinggi terkena penyakit jantung .

Lantas apa apa penyebab kolesterol tinggi pada usia muda?

Terdapat tiga faktor utama yang berkontribusi terhadap kolesterol tinggi pada usia muda, di antaranya:

1. Kegemukan Selain itu, beberapa penyakit, seperti diabetes, penyakit ginjal, dan penyakit tiroid tertentu, juga dapat menyebabkan kolesterol tinggi pada usia muda. Perlu diingat bahwa biasanya tidak ada tanda atau gejala pada anak atau remaja yang memiliki kolesterol tinggi.

2. Gaya Hidup Pola makan yang tidak sehat.Terutama konsumsi makanan tinggi lemak.

3. Turunan Riwayat keluarga yang memiliki kadar kolesterol tinggi. Terutama ketika salah satu atau kedua orang tua memiliki kolesterol tinggi.

Editor : Sulhanudin Attar

Follow Berita iNews Semarang di Google News

Bagikan Artikel Ini