get app
inews
Aa Read Next : Baznas Kota Semarang Salurkan Dana Zakat Rp1,8 Miliar untuk Tekan Inflasi

Baznas dan Koni Kota Semarang Salurkan Bantuan Air Bersih untuk Warga Ngaliyan dan Tembalang

Jum'at, 20 Oktober 2023 | 22:33 WIB
header img
Baznas dan Koni Kota Semarang saat menyalurkan bantuan air bersih untuk warga RW 16 Kelurahan Bringin, Kecamatan Ngaliyan, Jumat (20/10/2023). Foto: iNews.id / Mualim

SEMARANG, iNewsSemarang.id - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) bekerja sama dengan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Semarang menyalurkan bantuan air bersih di Kelurahan Bringin Kecamatan Ngaliyan dan Kelurahan Rowosari Kecamatan Tembalang, Kota Semarang, Jumat (20/10/2023).

Kepala Pelaksana BAZNAS Kota Semarang, Muhammad Asyhar mengatakan, sebanyak 20 ribu liter air bersih telah disalurkan kepada masyarakat yang terdampak kekeringan di wilayah tersebut.

"Di Kecamatan Ngaliyan dua titik, satu titik di RT 3 perumahan Taman Beringin Elok, yang satunya di RT 3 RW 16 Perumahan Bukit Mandiri Beringin (BMB) dan dua titik di Kelurahan Rowosari, Kecamatan Tembalang," ucapnya.

Asyhar mengungkapkan, dalam menghadapi musim kemarau panjang seperti sekarang ini, Baznas beserta Koni mempunyai kewajiban dan tanggung jawab secara kemanusiaan untuk membantu warga yang betul-betul membutuhkan air bersih. 

"Karena dengan kondisi yang seperti ini banyak juga warga yang kekurangan air bersih, untuk memasak, untuk mandi dan lain sebagainya karena kondisi air artetis banyak juga yang mengalami kering dan tidak mengalir, kalaupun mengalir itu kecil sekali sehingga dengan kapasitas untuk KK kurang lebih sekitar 150 jelas tidak mumpuni untuk bisa kesana," terang Asyhar.

Untuk mengetahui wilayah mana saja yang terdampak kekeringan dan membutuhkan air bersih, ia mengaku selalu berkoordinasi dengan Relawan Baznas tanggap bencana dan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) tingkat Kecamatan dan Kelurahan.

"Sehingga nanti mana titik-titik itu disinkronkan datanya. Kalau memang riil di lapangan butuh, maka segera kita terjunkan untuk bisa dieksekusi jadi tidak perlu butuh waktu yang lama. InsyaAllah nanti kami akan kembangkan di titik-titik lain, ini baru permulaan bukan yang terakhir, tapi insyaAllah nanti kita bantu lagi," ujarnya.

Ketua RW 16 Kelurahan Bringin, Kecamatan Ngaliyan, Tri Margono mengaku senang dengan bantuan tersebut. Ia mengucapkan terima kasih kepada Baznas dan Koni yang sudah bersedia memberikan bantuan air bersih kepada warganya.

"Kita seneng dan sangat membutuhkan air. Terima kasih Baznas. Baru pertama memberi bantuan adalah baznas," ungkapnya.

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut