get app
inews
Aa Read Next : Makmun Optimistis Pemilu 2024 di Kendal Kondusif

Gelar Kejuaraan Panahan, Ini Harapan Dewan

Minggu, 01 Oktober 2023 | 09:52 WIB
header img
Acara pembukaan kejuaraan Panahan Bupati Cup 2023, di Stadion Madya Kendal.(ist)

KENDAL, iNewsSemarang.id - Anggota DPRD Kendal, Sulistyo Aribowo berharap cabang olahraga panahan semakin dikenal masyarakat Kabupaten Kendal. Dengan banyak yang kenal diharapkan cabang olahraga yang disebut sunnah ini bisa menjadi olahraga yang menghasilkan banyak prestasi.

Demikian disampaikan Aribowo yang sekaligus menjabat sebagai Ketua Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Kabupaten Kendal saat membuka kejuaraan Lomba Panahan Bupati Cup 2023 yang digelar Perpani Kendal, 29 September - 1 Oktober 2023 di Stadion Madya Kendal.

Aribowo mengatakan, kejuaraan kali ini diikuti 245 atlet baik lokal maupun nasional dari jenjang SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/SMK/MA.

"Kejuaraan kita bagi menjadi dua katagori, untuk lokal diikuti 75 atlet usia 9 sampai 18 tahun, kemudian untuk open nasional diikuti 170 atlet juga usia 9 sampai 18 tahun yang datang dari daerah di Jawa Barat dan Jawa Timur," papar Ari Bowo, Sabtu (30/9/2023).

Diungkapkan, untuk nomor yang diperlombakan yaitu kelas standar. Hal tersebut untuk menjaga kualitas pertandingan dalam menjaring bibit-bibit atlet, khususnya di Kendal.

Dia mengungkapkan, olahraga panahan perlu pola berkesinambungan. Sebab, olahraga panahan tidak hanya sekedar fisik saja, tapi mentalnya harus bagus dan sarprasnya juga harus mendukung.

"Di satu sisi kan sarpras panahan ini dibilang cukup mahal. Sehingga supportingnya harus lebih kontinyu, lebih terencana dengan baik, untuk meningkatkan prestasi para atlet Kabupaten Kendal. Baik di tingkat regional maupun nasional," imbuh Ari Bowo.

Sementara itu, Sekda Kendal Sugiono dalam sambutannya menyampaikan amanat Bupati Kendal yang menyambut baik dan mengucapkan terima kasih digelarnya kejuaraan Panahan Bupati Cup 2023 oleh Perpani Kendal.

Bupati melalui Sekda Kendal juga menyampaikan selamat datang bagi para atlet dan official yang berasal dari luar wilayah Kendal.

"Kegiatan seperti ini harus kita dukung sebagai salah satu upaya peningkatan prestasi dan pembinaan untuk mencari bibit-bibit atlet muda berbakat di masa depan. Harapannya akan lahir benih-benih atlet panahan yang handal, yang nantinya mampu mengharumkan citra daerah dan negara kita," ujarnya.

Sekda menambahkan, di jalur pendidikan pembinaan dan pemassalan olahraga Panahan berkembang dengan pesat baik SD, SMP, SMA hingga Perguruan Tinggi, selain Club- Club atau perkumpulan Panahan yang ada di Indonesia dan Kabupaten Kendal.

Hal tersebut diiringi dengan prestasi olahraga Panahan di Indonesia maupun di daerah-daerah mulai menunjukkan grafik yang naik seiring pola pembinaan yang baik dan roda kompetisi yang berjalan berjenjang teratur.

"Di Kabupaten Kendal olahraga Panahan mulai menampakkan hasil pemassalan dan prestasinya dalam kurun waktu lima tahun terakhir ini. Banyak Club atau perkumpulan Panahan amatir berkembang dalam pembinaan apalagi di jalur pendidikan panahan lebih terprogram dengan baik kegiatannya," kata Sekda Kendal.

Untuk itu, Pemkab Kendal sangat mendukung penuh kegiatan kejuaraan cabang olahraga seperti ini. Bukan hanya olahraga panahan saja, tapi juga cabang olahraga lain. Hal itu penting, karena mampu menumbuhkan rasa kebersamaan dan silaturahmi antara atlet di ajang prestasi harus kita dukung bersama-sama.

Bupati Kendal melalui Sekda berharap, supaya kegiatan kejuaraan panahan ini dapat berlanjut pada event-event berikutnya.

Selain itu, lebih ditingkatkan dan meriah lagi, karena ini menjadi ruang apresiasi atau penyaluran kegiatan yang positif dan bermanfaat bagi seluruh masyarakat khususnya kepada generasi muda atau dikalangan pelajar; serta dapat dijadikan ajang merekrut atlet yang handal dan berpretasi.

"Semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar, sukses dan menyenangkan, serta dapat menghasilkan atlet-atlet yang handal untuk berlaga di event-event yang lebih tinggi," imbuh Sekda Kendal.

Sebagai penutup Bupati Kendal berpesan, supaya para atlet menjunjung nilai kekeluargaan, kebersamaan dan sportivitas. Kemudian menjadikan momen sebagai awal meniti prestasi.

"Terus dan giatlah berlatih. Manfaatkan kesempatan dengan baik. Buktikan diri kalian bisa, Ayo raih prestasi menuju jejang yang lebih tinggi," pungkas Sekda Kendal membacakan sambutan Bupati, yang dilanjutkan membuka kejuaraan. 

Editor : Agus Riyadi

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut