get app
inews
Aa Read Next : 15 Tempat Wisata di Magelang Cocok untuk Healing dan Bikin Betah Wisatawan

Mengenal Dusun Setan di Magelang: Gabungan 2 Dusun, Banyak Ditemukan Artefak Kuno Bersejarah

Kamis, 30 November 2023 | 13:53 WIB
header img
Sebuah dusun di Desa Candiretno, Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang bernama Dusun Setan yang namanya terdengar kurang mengenakkan. Foto: Ist

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Mengenal Dusun Setan di Magelang berada di permukiman di Jawa Tengah yang memiliki nama tak lazim. Sebuah dusun di Desa Candiretno, Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang bernama Dusun Setan yang namanya terdengar kurang mengenakkan. 

Dusun Setan sendiri menjadi viral, karena namanya yang dianggap seram bagi masyarakat awam yang mendengarnya. Sehingga, banyak yang mengira bahwa Dusun Setan adalah tempat yang angker karena dinamakan Setan.

Asal-usul nama Dusun Setan di Magelang

Dusun Setan berlokasi di Desa Candiretno, Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang. Bukan berarti orang yang tinggal di desa tersebut adalah setan atau makhluk dunia lain, meskipun namanya Setan, masyarakat yang tinggal di dusun ini adalah masyarakat biasa, sama seperti masyarakat yang tinggal di dusun lain.

Penduduk dusun ini mengucapkan setan dengan cara yang berbeda dibandingkan orang lain. Huruf “e” pada Dusun Setan di Magelang diucapkan mirip dengan huruf e pada kata “beras”. Hal ini cukup menghilangkan konotasi seram dan menghantui yang terkait dengan nama dusun tersebut. 

Menurut Wikipedia, nama desa tersebut pada masa lalu adalah Setan. Namun pada tahun 1927, Desa Candiretno terbentuk ketika Raden Tumenggung Danu Sugondo, Bupati Magelang, menggabungkan kedua permukiman tersebut menjadi satu. Salah satu nama dusun di Desa Candiretno, Magelang, adalah Dusun Setan.

Rapat penggabungan wilayah saat itu terjadi di ruang terbuka sepanjang jalan Pucang-Sindas, di atas sumber air Kali Setan. Candirejo dan Setan merupakan nama dua pemukiman yang digabung menjadi Desa Candiretno.

Namun terdapat desa disebelah Desa Candiretno dan akhirnya diberi nama Pancuranmas. Diberi nama Pancuranmas, karena adanya air mancur di tempat berkumpul di atas sumber air Kali Setan

Candiretno diambil dari salah satu kata Retno yang memiliki arti intan atau indah, sedangkan jika arti dari keseluruhan, Candiretno artinya candi, batu, atau lokasi. 

Editor : Sazili Mustofa

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut