get app
inews
Aa Read Next : Kemenkumham Jateng Turun Upayakan Penyelesaian Perkara Covernote Perumda BPR Bank Purworejo

Puncak Peringatan Hari HAM ke-75, Kanwil Kemenkumham Jateng Sabet Penghargaan Pembina HAM Terbaik

Senin, 11 Desember 2023 | 13:32 WIB
header img
Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah meraih penghargaan dalam Puncak Peringatan Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Sedunia Ke - 75 Tahun 2023. Foto: Dok

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah meraih penghargaan dalam Puncak Peringatan Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Sedunia Ke - 75 Tahun 2023 bertempat di Lapangan Banteng Jakarta, Minggu (10/12/2023). 

Penghargaan diterima antara lain atas upaya Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah sebagai unit pembina dalam mendorong dan mewujudkan Kabupaten/Kota Peduli HAM.

Tercatat Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah berhasil membawa 33 Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Tengah memperoleh penghargaan Kabupaten/Kota Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) tahun 2023. 

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Hukum dan HAM RI Yasonna H Laoly kepada Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah Tejo Harwanto . 

Selain Kanwil Kemenkumham Jateng, empat Kanwil lain yang menjadi pembina terbaik antara lain Kanwil Banten, Bangka Belitung, Jakarta, dan Yogyakarta. 

 

Dalam sambutannya Menkumham menyebut kewajiban untuk melaksanakan penghormatan, perlindungan, pemenuhan, penegakan, dan pemajuan HAM merupakan tugas bagi setiap orang. 

Berkaitan dengan mandat tersebut, sudah menjadi kewajiban Pemerintah dalam hal ini Kemenkumham, untuk hadir dan serius dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya di bidang Hak Asasi Manusia.

"Oleh karena itu, berbagai upaya dan program yang telah dilaksanakan pemerintah salah satunya dengan mendorong Kabupaten/ Kota Peduli HAM," kata Yasonna. 

Penilaian Kabupaten/Kota peduli HAM merupakan upaya Kemenkumham untuk mendorong daerah lebih peduli terhadap Hak-hak dasar masyarakat sebagai warga Negara.

"Hal ini juga untuk mengembangkan sinergitas satuan kerja perangka daerah dan instansi vertikal di daerah dalam rangka P5 HAM," tuturnya. 

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut