get app
inews
Aa Read Next : Ketua KPU Disanksi Bawaslu karena Terbukti Gelembungkan Suara Partai Golkar

Kakanwil Kemenkumham Jateng Pastikan Hak Konstitusi Napi dan Tahanan Terpenuhi di Pemilu 2024

Senin, 11 Desember 2023 | 18:33 WIB
header img
Rapat dengar pendapat Komisi III dengan jajaran Kanwil Kemenkumham Jateng di Kantor Kanwil Kemenkumham Jateng, Kota Semarang, Senin (11/12/2023). Foto: Dokumentasi Kanwil Kemenkumham Jateng

SEMARANG, iNewsSemarang.id - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Jateng memastikan hak konstitusi warga binaan pemasyarakatan (WBP) di Pemilu 2024 mendatang terpenuhi. Mereka ini mendekam di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas), Rumah Tahanan Negara (Rutan) maupun Lembaga Pemasyarakatan Khusus Anak (LPKA). 

Kepala Kanwil Kemenkumham Jateng Tejo Harwanto menyebut hingga 4 Desember 2023, ada 14.035 WBP yang memiliki hak suara, terinci Daftar Pemilih Tetap (DPT) 9.844 orang, Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) 3.482 orang dan Calon Daftar Pemilih Khusus (DPK) 709 orang.  

“Kita sudah sampaikan kepada Dinas Dukcapil untuk pemenuhan DPT, baik kita yang ke Dukcapil atau Dukcapil yang mendatangi Lapas, Rutan, atau LPKA,” ungkap Tejo saat Komisi III melakukan Kunjungan Kerja Reses Masa Persidangan II Tahun 2023-2024 di Kota Semarang, Senin (11/12/2023).  

Tejo mengatakan, adanya peningkatan yang cukup signifikan jumlahnya. 

“Bukan warga negara asing, punya Nomor Induk Kependudukan (NIK), cukup umur, itu sudah menjadi bagian dari DPT,” lanjutnya.  

Kakanwil juga memaparkan langkah-langkah strategis untuk menyukseskan Pemilu di Lapas dan Rutan. Pihaknya bekerja sama dengan KPU dan Dinas Dukcapil berkaitan sosialisasi Pemilu ini. Bekerja sama dengan KPU berkaitan dengan kampanye di dalam Lapas dan Rutan. Lalu dengan instansi lainnya berhubungan dengan pelaksanaan Pemilu.

“Kami pastikan bahwa hak-hak Warga Binaan Pemasyarakatan baik narapidana, tahanan, anak maupun anak pidana bisa kita laksanakan sesuai dengan Peraturan Perundang-undangan dan juga sesuai dengan anggaran yang tersedia pada kami," imbuhnya.

Pada rapat dengar pendapat itu, ada 6 orang anggota Komisi III DPR yang bertanya tentang kesiapan pelaksanaan Pemilu di Lapas dan Rutan, yakni; Sari Yuliati Purnama dari Golkar, Siti Nurizka Puteri Jaya dari Gerindra, Eva Yuliana dari Nasdem, Moh. Rano Al Fatih dari PKB, Agung Budi Santoso dari Demokrat, serta Habib Aboe Bakar Al-Habsyi.

Ada 12 orang anggota DPR RI yang hadir dalam kunjungan kerja ini. Selain nama-nama di atas, tampak Ketua Komisi III DPR Bambang Wuryanto sebagai ketua rombongan. Hadir bersamanya, Dede Indra Permana dan Gilang Dhiela Fararez dari PDI-Perjuangan.

Terlihat juga Bambang Heri Purnama dari Golkar, Nazaruddin Dek Gam dari PAN dan Komjen Adang Daradjatun dari PKS. Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka Pengawasan terhadap Mitra Kerja Komisi III DPR di Provinsi Jawa Tengah.

Dalam pelaksanaannya, Kakanwil Kemenkumham Jateng didampingi seluruh Kepala Divisi, Pejabat Administrasi Kantor Wilayah dan Kepala UPT se-Jawa Tengah.

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut