get app
inews
Aa Read Next : Polrestabes Semarang Tangkap Seorang Petani Jaringan Narkoba Freddy Pratama, Sita 1 Kg Sabu

Kasus Pengiriman Ratusan Ekor Anjing, 5 Orang Pemasok Jadi Tersangka

Selasa, 09 Januari 2024 | 11:01 WIB
header img
Truk pengangkut ratusan ekor anjing yang diduga akan dijagal di Jateng. (tangkapan layar)

SEMARANG, iNewsSemarang.id – Lima orang ditetapkan sebagai tersangka kasus pengiriman 226 ekor anjing dari Subang ke Solo. Kelima tersangka merupakan awak truk yang mengangkut ratusan ekor anjing. 

Aparat Polrestabes Semarang mengamankan mereka di Gerbang Tol Kalikangkung, Semarang pada Sabtu (6/1/2024) malam.

“5 pemasok 226 ekor anjing dari Subang ke Solo untuk dijagal ditetapkan sebagai tersangka. Satu di antaranya sebagai tersangka utama,” kata Kapolrestabes Semarang, Kombes Pol Irwan Anwar, Senin (8/1/2024). 

Dia mengatakan, penyidik terus menyelidiki kasus pengiriman ratusan anjing tersebut mulai surat jalan yang dibawa para tersangka dari Polres Subang dan UPTD Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Subang. 

“Kita terus kembangkan kasus ini. Untuk kelima tersangka, akan dikenai Pasal 89 Undang-Undang Nomor 18 tahun 2009 tentang peternakan dan kesehatan hewan dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara,” ujarnya. 

Penyidik juga melakukan uji laboratorium kondisi 13 ekor anjing yang mati. Hasilnya, anjing yang mati mengandung penyakit berbahaya jika dikonsumsi oleh manusia.  Ratusan anjing yang sebelumnya diamankan di Tol Kalikangkung kondisinya sudah mulai stabil. 

Ratusan hewan itu sudah mendapat perawatan di rumah penitipan hewan anjing. Ketua Animal Hope Shelter Indonesia, Christian Josua Pale mengatakan, dari 226 ekor anjing terdapat 13 ekor yang mati akibat jeratan di leher dan berpenyakit.  

“Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh dokter hewan anjing-anjing itu mengidap cacing jantung,” ujarnya.


 

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut