get app
inews
Aa Read Next : Banjir Rusak 10 Bangunan di Bantaran Sungai BKT Semarang, Ini Rinciannya

8 Fakta Ledakan di SPBU Undip Semarang, Nomor 5 Petugas Kebersihan Terluka

Kamis, 11 Januari 2024 | 05:15 WIB
header img
Operator SPBU sigap memadamkan letupan api pada mesin pompa BBM di SPBU Undip Tembalang, Semarang, Rabu (10/1/2024). (IST)

SEMARANG, iNewsSemarang.id Ledakan dan kebakaran terjadi di dispenser pompa bahan bakar (mesin pompa BBM) di SPBU Universitas Diponegoro (Undip), Tembalang, Kota Semarang, Rabu (10/1/2024). Insiden ledakan terjadi sekitar pukul 12.00 WIB.

Berikut fakta-fakta ledakan mesin pompa BBM SPBU Undip Tembalang Semarang:

1. Ledakan Bermula dari Belakang SPBU
Berdasarkan keterangansaksi mata, kejadian bermula dari ledakan dan kebakaran dari bagian belakang SPBU, tempat panel listrik dan genset berada. Saksi langsung melarikan diri ke jalan utama bersama operator SPBU. 

2. Lima Mesin Pompa BBM Meledak


Sejumlah mesin pengisian BBM SPBU Undip Semarang rusak akibat ledakan. (foto Ahmad Antoni)


Kurang lebih dua detik kemudian, dispenser/island pump 2, 4, 5, 8, dan 11 meledak. Satpam dan operator SPBU Undip berupaya memadamkan sisa api dengan menggunakan alat pemadam api milik SPBU dan melaporkan kejadian tersebut kepada Bhabinkamtibmas yang kemudian meneruskannya ke Kapolsek dan Piket Fungsi Polsek Tembalang.

3. Petugas Gabungan Berjibaku Padamkan Api
Dengan dibantu Bhabinkamtibmas, satpam SPBU dan operator gabungan berhasil memadamkan api dengan menggunakan alat Alat Pemadam Api Ringan (APAR). Selanjutnya petugas pemadam kebakaran tiba di lokasi kejadian bersama Piket Fungsi Polsek Tembalang dan Polsek Inafis Semarang.

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut