get app
inews
Aa Read Next : Kabar Duka, Ikhwan Ubaidillah Ketua Umum Lindu Aji Semarang Meninggal Dunia

Mengenang Sosok Lo Siauw Ging, Dokter Berjiwa Sosial yang Gratiskan Pasien Berobat

Kamis, 11 Januari 2024 | 06:01 WIB
header img
Dokter Lo Siauw Ging dikenal berjiwa sosial menggratiskan biaya pasien yang berobat. (Dok)

SOLO, iNewsSemarang.id - Dokter Lo Siauw Ging meninggal dunia di Rumah Sakit Kasih Ibu, Kota Solo, Selasa, (9/1/2024) pukul 14.00 WIB. Dokter Lo selama ini dikenal berjiwa sosial karena menggratiskan biaya pasien-pasiennya untuk berobat.

Sosoknya pun dikenang sebagai seorang pengabdi. Dokter Lo meninggal pada usia 89 tahun karena sebuah penyakit yang diderita sejak beberapa tahun terakhir. 

Menurut tokoh Tionghoa Sumartono Hadinoto yang mengenal baik Dokter Lo menceritakan bahwa memang Dokter Lo sering keluar masuk rumah sakit dalam beberapa tahun terakhir. "Beberapa tahun ini keluar masuk rumah sakit. Ya memang karena kondisinya sudah sepuh (tua)," ujarnya, Rabu (10/1/2024).

Sebelum kepergiannya, Dokter Lo sempat dirawat inap di RS Kasih Ibu, Jumat (5/1/2024) karena kondisinya yang terus memburuk. Sang dokter kemudian akan dikremasi di Krematorium Delingan, Kamis (11/1/2024). 

"Kondisinya drop sehingga dibawa ke rumah sakit lagi, hari ini meninggal. Mau dibawa ke tiong ting dikubur ke tiong ting," kata CEO Palang Merah Indonesia (PMI) Solo itu. 

Dokter Lo sendiri diketahui merupakan seorang dokter umum yang mengawali kariernya di Rumah Sakit Dr Oen. Kemudian berpindah ke Rumah Sakit Kasih Ibu, hingga membuka praktik sendiri di rumah. 

Sumartono mengenang sang dokter lewat pesan-pesan yang selalu sering disampaikan kepada dirinya dan rekan-rekan seprofesi. “Kalau mau kaya jangan jadi dokter, jadi pebisnis. Kalau jadi dokter harus melayani orang banyak, berbagi, dan melayani orang banyak di bidang kesehatan,” jelasnya.

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut