get app
inews
Aa Read Next : Amalan dan Dzikir di Bulan Rajab

7 Amalan Istimewa di Bulan Rajab yang Wajib Diketahui Umat Muslim

Sabtu, 13 Januari 2024 | 09:49 WIB
header img
Keistimewaan Bulan Rajab yang merupakan salah satu bulan yang dimuliakan Allah. (Foto: ist)

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Bulan Rajab merupakan waktu yang penuh keistimewaan bagi umat Muslim untuk melaksanakan berbagai amalan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Amalan Bulan Rajab dapat dipraktikkan mulai hari ini, pasalnya tanggal 1 Bulan Rajab 1445 H jatuh pada Sabtu, 13 Januari 2024.

Rajab secara bahasa artinya ‘cucuran rahmat.’ Menurut istilah, rajab adalah bulan ketujuh dari kalender ‘Qamariyah’ dan termasuk salah satu dari empat bulan yang mulia.

Keutamaan Bulan Haram termasuk di dalamnya Bulan Rajab ini disebutkan dalam Alquran, Surat At Taubah ayat 36. Allah SWT berfirman:

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ

“Sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah ialah dua belas bulan, (sebagaimana) dalam ketetapan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, diantaranya ada empat bulan haram. (QS. At-Taubah:36)

Nabi Muhammad SAW bersabda:

رَجَبُ شَهْرُ اللَّهِ وَشَعْبَانُ شَهْرِى وَرَمَضَانُ شَهْرُ أُمَّتِى

Rajab adalah bulan Allah, Sya’ban adalah bulanku, dan Ramadhan adalah bulan umatku”. (Imam Al Suyuti).

Ahmad Zarkasih dalam bukunya Rajab, Keutamaan dan Hukumnya menjelaskan, Imam al-Thabari dalam tafsirnya menukil perkataan sahabat     Ibnu     Abbas     ra,     perihal kemuliaan  yang  Allah  SWT  berikan  untuk bulan-bulan haram ini. Disebutkan bahwa Allah SWT memberika  keistimewaan  untuk  4 bulan haram di antara bulan-bulan yang ada, dan diagungkan kemuliaannya bulan itu, dan menjadikan  dosa  yang  terbuat  serta  amal  ibadah yang  dilaksanakan  menjadi  lebih  besar  ganjaran dosa dan pahalanya”. (Tafsir al-Thabari 14/238).

Begitu istimewanya Bulan Rajab sehingga banyak dinantikan umat Islam untuk menangguk pahala dan keutamaannya dengan melakukan berbagai amalan ibadah.

Amalan di Bulan Rajab 2024

1. Membaca Doa di Awal Bulan Rajab

Amalan di Bulan Rajab pertama yakni membaca doa di awal bulan agar mendapat keberkahan. 

Rasulullah SAW tiap kali menyambut Bulan Rajab selalu berdoa agar Allah SWT memberikan keberkahan di bulan itu. Juga agar Allah SWT berkenan memanjangkan umur hingga dapat kembali berjumpa dengan Bulan Ramadhan.

Arab: اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي رَجب وَشَعْبَانَ ، وَبَلغنَا رَمَضَانَ

Latin: Allahumma baariklanaa fii rajaba wa sya'baana wa ballighnaa ramadhoona.

Artinya: “Ya Allah berkahilah kami pada bulan rajab dan sya’ban, dan sampaikan kami di bulan ramadhan.”

2. Puasa Rajab

Amalan di Bulan Rajab berikutnya yakni melaksanakan puasa sunnah. Rasulullah SAW dalam sebuah riwayat disebutkan selalu berpuasa di bulan rajab ini. Diriwayatkan dalam hadits sahih bahwa Rasulullah SAW berpuasa di Bulan Rajab.

Kesunnahan puasa Rajab juga dapat diambil dari dalil-dalil umum mengenai dianjurkannya berpuasa pada empat bulan haram. Disebutkan dalam Shahih Muslim, (hadits no. 1960):

عن عُثْمَانَ بْنِ حَكِيمٍ الْأَنْصَارِيِّ قَالَ سَأَلْتُ سَعِيدَ بْنَ جُبَيْرٍ عَنْ صَوْمِ رَجَبٍ وَنَحْنُ يَوْمَئِذٍ فِي رَجَبٍ فَقَالَ سَمِعْتُ ابْنَ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا يَقُولُ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَصُومُ حَتَّى نَقُولَ لَا يُفْطِرُ وَيُفْطِرُ حَتَّى نَقُولَ لَا يَصُومُ

“Dari Utsman bin Hakim Al-Anshari bahwa ia berkata: Saya bertanya kepada sahabat Sa’id bin Jubair mengenai puasa Rajab, dan saat itu kami berada di bulan Rajab. Maka ia pun menjawab: Saya telah mendengar Ibnu Abbas ra berkata: Dulu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam pernah berpuasa hingga kami berkata bahwa beliau tidak akan berbuka. Dan beliau juga pernah berbuka hingga kami berkata bahwa beliau tidak akan puasa”.

3. Membaca Istighfar

Amalan di Bulan Rajab selanjutnya adalah banyak membaca istighfar. Rajab merupakan bulan permohonan ampun kepada Allah Ta’ala. Bulan rajab disebut “syahr al-istigfar”, maka perbanyaklah istigfar di bulan ini. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang

Rajab artinya mencurahkan, karena pada bulan rajab, Allah Ta’ala mencurahkan rahmat-Nya kepada umat-Nya. Setiap manusia mempunyai salah dan khilaf, maka perbanyaklah memohon ampun di bulan ini.

4. Bersedekah

Amalan di Bulan Rajab berikutnya yakni bersedekah. Dalam hadits, Rasulullah SAW pernah bersabda:

قال النبي صلى الله عليه وسلم : من تصدق في رجب باعده الله من النار كمقدار غراب طار فرخا حتى مات هرما

“Nabi Muhammad saw bersabda, siapa yang sedekah di bulan Rajab maka Allah Ta’ala menjauhkan dirinya dari neraka sejauh jarak terbang seekor burung elang yang terbang dari kecil hingga mati".

قال النبي صلى الله عليه وسلم : من فرج عن مؤمن كربة في رجب أعطاه الله في الفردوس قصرا مد بصره

“Nabi Muhammad saw bersabda, siapa yang melapangkan kesulitan seorang mukmin di bulan Rajab, maka Allah Ta’ala akan memberikan istana di surga Firdaus seluas pandangan matanya.”

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut