get app
inews
Aa Read Next : Viral Video Pendaki Nyalakan Flare di Puncak Gunung Andong, Tuai Kecaman Netizen

Pendaki Wajib Tahu! Ini 10 Istilah saat Mendaki Gunung

Sabtu, 20 Januari 2024 | 13:13 WIB
header img
Ilustrasi pendakian gunung. Foto: iNews.id

10 Istilah saat Mendaki Gunung 

1. Ranger

Ranger merupakan seseorang yang bertugas menjaga dan mengelola kawasan gunung yang sering dikunjungi oleh para pendaki. Tugas utama seorang ranger adalah memberikan informasi yang sangat penting mengenai situasi di sekitar gunung, seperti cuaca, jalur pendakian, dan segala hal yang berkaitan dengan keselamatan para pendaki. 

2. Guide

Guide adalah seorang pemandu yang sangat berpengalaman yang bertugas memberikan arahan dan panduan kepada para pendaki agar tetap berada di jalur yang aman dan terkendali. Tugas utama seorang Guide adalah memastikan keamanan dan keselamatan para pendaki dengan memberikan informasi mengenai rute, kondisi jalur, dan memberikan panduan selama perjalanan. 

3. Simaksi

Simaksi merupakan kepanjangan dari Surat Izin Masuk Kawasan Konservasi. Sebelum memulai pendakian, setiap pendaki wajib mendaftar kepada pengelola kawasan gunung untuk mendapatkan surat izin tersebut. Surat izin ini memiliki peran penting sebagai bukti legalitas yang memungkinkan pendaki untuk menjelajahi dan menikmati keindahan kawasan konservasi tersebut. 

4. Pos

Mungkin sudah tidak asing bagi para pendaki dengan istilah pendakian ini. Tempat ini memiliki fungsi yang mirip dengan Shelter, digunakan sebagai tempat istirahat sejenak dan mendirikan tenda sebelum pendaki mencapai puncak gunung. Pos ini menjadi titik strategis untuk melakukan persiapan sebelum melanjutkan perjalanan menuju puncak gunung. 

5. Tracking

Pendakian gunung adalah kegiatan yang melibatkan aktivitas berjalan atau tracking menyusuri jalur di pegunungan. Biasanya, tracking akan memakan waktu hingga berjam-jam. Istilah tracking ini sering digunakan untuk menggambarkan kegiatan mendaki gunung.  

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut