get app
inews
Aa Read Next : Satelit Nano Karya Anak Bangsa Besok Diluncurkan, Bantu Deteksi Bencana

Stasiun Luar Angkasa Kemungkinan Akan Dioperasikan Swasta

Minggu, 06 Februari 2022 | 06:10 WIB
header img
ISS (Foto: Unsplash)

JAKARTA, iNews.id - Kompetisi luar angkasa bukan lagi kompetisi antara negara adidaya global dunia. Saat ini, orbit rendah Bumi adalah medan pertempuran bagi konglomerat swasta dan miliarder yang memimpin mereka.  

Seiring stasiun luar angkasa International Space Station (ISS) yang mengalami deorbit pada 2001 setelah 15 tahun pelayanan dan ISS dijadwalkan pensiun pada akhir dekade, stasiun luar angkasa di masa depan kemungkinan besar akan dimiliki dan dioperasikan perusahaan, bukan negara. 

“Kami tidak siap untuk apa yang terjadi setelah International Space Station. Membangun stasiun luar angkasa membutuhkan waktu lama, terutama ketika Anda melakukannya dengan cara yang belum pernah dilakukan sebelumnya," kata Jim Bridenstine, administrator NASA saat itu pada sidang subkomite luar angkasa Komite Perdagangan Senat pada Oktober. 

NASA ikut serta dengan pemindahan ini, setelah menyusun dan menerbitkan Rencana Pengembangan LEO Komersial (CLD) pada 2019, yang menyerukan ekonomi orbit rendah Bumi yang kuat dari mana NASA dapat membeli layanan sebagai salah satu dari banyak pelanggan, sebagai bagian dari Direktorat Misi Eksplorasi dan Operasi Manusia di Johnson Space Center, sebagaimana dikutip dari Engadget. 

Editor : Miftahul Arief

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut