get app
inews
Aa Read Next : Satelit Nano Karya Anak Bangsa Besok Diluncurkan, Bantu Deteksi Bencana

Stasiun Luar Angkasa Kemungkinan Akan Dioperasikan Swasta

Minggu, 06 Februari 2022 | 06:10 WIB
header img
ISS (Foto: Unsplash)

Rencana CLD menjabarkan langkah-langkah yang diperlukan badan antariksa tersebut untuk membangun ekosistem stasiun ruang angkasa komersial. Ini dimulai dengan mengizinkan perusahaan swasta membeli sumber daya ISS yaitu menyewakan ruang di stasiun untuk kegiatan komersial, mengizinkan perusahaan menerbangkan astronot pribadi ke ISS yang dilakukan SpaceX April lalu. Selain itu, NASA memulai proses untuk mengembangkan tujuan komersial LEO dan bekerja untuk menstimulasi permintaan demi tujuan dan layanan tersebut. 

Eksplorasi luar angkasa telah menjadi upaya kerjasama publik-swasta sejak hari-hari berdirinya NASA. 

Misalnya, kendaraan peluncuran sekali pakai yang memasukkan satelit ke LEO dari tahun 1963 hingga 1982 — Titan oleh Martin Marietta, Atlas dari General Dynamics, roket Delta McDonnell Douglas, dan Scout dari LTV Aerospace Corporation — semuanya dibuat oleh perusahaan penerbangan swasta sebagai kontraktor federal tetapi dioperasikan oleh pemerintah AS.  

“Pemerintah AS pada dasarnya berfungsi sebagai satu-satunya penyedia layanan peluncuran luar angkasa ke dunia Barat,” tulis FAA.

Ini berubah di tahun 70-an ketika Badan Antariksa Eropa mengembangkan ELV-nya sendiri, Ariane, dan NASA menukar roketnya sendiri untuk program Pesawat Ulang-alik, yang menjadi sistem peluncuran satelit default negara itu. 

Peluncuran ruang angkasa pribadi, seperti yang dilakukan SpaceX dan Northrop Grumman, dimulai di AS pada 1982 ketika Space Services mengirimkan prototipe roket Conestoga-nya, benar-benar tahap kedua dari misil Minuteman yang dirancang ulang.  

Ukuran, jumlah, dan tingkat keparahan rintangan yang harus dilalui perusahaan untuk mendapatkan izin peluncuran sudah cukup untuk meyakinkan anggota kongres untuk memperkenalkan undang-undang yang menyederhanakan proses, yang pada akhirnya membuat Presiden Ronald Reagan menyatakan perluasan keterlibatan sektor swasta dalam peluncuran ruang sipil ke menjadi “tujuan nasional”.

Editor : Miftahul Arief

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut